Mengenal Gembol Pada Akar / Kayu Jati

Gembol jati adalah penyakit yang menempel pada akar jati yang membentuk tekstur unik alami dan tidak mungkin sama antara satu dengan yang lainnya. Ada yang jenis gembol duri yang membentuk duri-duri yang menempel pada akar pohon jati, juga ada jenis gembol air yang membentuk tekstur permukaan kayu menjadi seperti alur terkikis oleh air yang mengalir tak beraturan. Keunikan inilah yang membuat akar jati yang terdapat gembol menjadi lebih mahal dan semakin banyak gembol yang menempel dan semakin besar ukurannya, harganya menjadi berlipat-lipat dari akar jati

Sekarang ini ini gembol jati terhitung langka dan sulit untuk didapatkan. Selain karena memang tidak semua pohon jati terdapat gembol, juga karena gembol jati sudah diburu banyak kolektor maupun pecinta ukiran gembol jati.

Dan Blora tempat tinggal saya merupakan daerah penghasil kayu jati berkualitas nomor satu, tentu saja juga banyak terdapat akar gembol jati yang berkualitas tinggi, berukuran besar dan menghasilkan ukiran-ukiran akar gembol jati yang sudah terkenal sampai manca negara.

Dan perlu rekan semua ketahui, seni ukiran akar gembol jati hanya terdapat di Blora - Jawa Tengah dan terdapat pengukir-pengukir handal spesialis akar jati yang mampu menghasilkan berbagai jenis ukiran baik ukiran binatang, tumbuh-tumbuhan maupun patung manusia atau tokoh sesuai pemesanan. Contoh dari ukiran-ukiran akar gembol jati ataupun akar jati biasa dapat dilihat di website saya di http://www.ukiranjati.com.

Berikutnya saya akan memposting step by step proses produksi ukiran akar-akar gembol jati dari bahan mentah sampai finish siap dipasarkan.

0 comments: