Buah Naga di Pot Tanpa Tiang Panjatan

tiang panjatan buah nagaSebelumnya, saya memposting cara bertanam buah naga di pot dengan tiang panjatan yang selengkapnya bisa dibaca di sini , kali ini saya akan memposting cara bertanam buah naga di pot tanpa menggunakan tiang panjatan dan sudah saya buktikan mampu tumbuh dengan baik dan juga berbuah. Model ini cocok bagi anda yang mempunyai halaman disekitar rumah yang tidak seberapa luas dan anda tidak perlu repot-repot membuat tiang panjatan dari kayu, bambu, atau cor yang tentu saja bisa menghemat biaya.

Foto diatas adalah sebagai bukti bahwa tanpa tiang panjatan, tanaman buah naga juga bisa tumbuh dengan baik tanpa masalah yang berarti. Berikut ini saya jelaskan langkah - langkahnya :

1. Siapkan bibit buah naga dengan panjang 30 cm dan tanam dalam media dalam pot sekitar 5-10 cm. Media bisa menggunakan campuran tanah, pupuk kandang/organik dan batu bata merah yang sudah dihancurkan.

2. Setelah muncul perakaran tumbuh cukup kuat akan tumbuh tunas-tunas baru yang akan menjadi cabang. Pada tahap ini bisa diberi pupuk dengan kandungan unsur N yang tinggi untuk mempercepat pertumbuhan cabang dan tunas.

3. Setelah cabang tumbuh sampai melengkung ke bawah seperti pada foto, potonglah ujung cabang-cabang tersebut supaya tidak terus tumbuh memanjang. Proses ini bertujuan untuk memunculkan buah dan jika tumbuh tunas baru juga harus dipotong. Karena jika cabang dan tunas dibiarkan tumbuh terus menerus tidak akan muncul buah. Pada tahap ini bisa diberikan pupuk dengan unsur K yang tinggi untuk mempercepat tumbuhnya buah.

4. Jangan lupa untuk meletakkan pot tersebut ditempat yang terkena langsung sinar matahari dan dilakukan penyiraman secukupnya dan jangan sampai air tidak bisa keluar lewat lubang di bawah pot karena akan mengakibatkan media terlalu basah dan mengakibatkan pembusukan pada perakaran tanaman buah naga.

Semoga bermanfaat.

0 comments: