Tiang Panjatan Hidup Buah Naga

tiang panjatan buah nagaAda beberapa orang bertanya dan meminta contoh foto tentang model tiang panjatan Buah Naga dari batang tanaman hidup. Memang selain menggunakan tiang panjatan dari bahan beton atau bambu, model panjatan tunggal bisa juga menggunakan tanaman hidup. Namun tidak semua tanaman bisa menjadi tiang panjatan buah naga, syarat-syaratnya adalah jenis pohon yang digunakan harus bisa tahan dengan pemangkasan berat, karena pemangkasan harus dilakukan terus menerus agar tanaman buah naga tidak ternaungi batang atau daun tanaman panjatan dari sinar matahari.

Selain itu, perakaran tanaman yang digunakan sebagai panjatan hidup harus cukup dalam minimal 30 cm dari permukaan tanah, hal ini dilakukan supaya tanaman buah naga tidak kalah dalam memperebutkan unsur hara dalam tanah. Tiang panjatan hidup juga harus mempunyai diameter minimal 10 cm supaya bisa menahan berat tanaman buah naga jika sudah muncul cabang yang banyak.

Memang menggunakan tiang panjatan hidup lebih murah biayanya dibanding tiang beton, tetapi kelemahannya pada tingkat ketahanannya karena tanaman buah naga berumur sampai puluhan tahun, dan tentu saja harus dilakukan pemangkasan cabang dan daun pada tanaman tersebut. Saya sendiri tidak menggunakan model tiang panjatan hidup, tetapi berhubung mungkin ada pertanyaan saya membuat percontohan tanaman buah naga yang menggunakan tiang panjatan hidup

Foto diatas adalah contoh budidaya buah naga dengan menggunakan batang tanaman hidup sebagai tiang panjatan, semoga bermanfaat dan menjawab pertanyaan yang masuk ke email saya.

0 comments: