Bertanam Buah Naga Di Atap Bangunan

bertanam buah nagaFoto disamping adalah contoh model penanaman buah naga di atap bangunan. Model penanaman ini cocok untuk memanfaatkan atas bangunan rumah/gedung bertingkat, perkantoran, ruko dan bangunan lainnya. Model penanaman seperti ini saya baru mencoba sekali karena diminta tolong kakak saya yang mempunyai rumah tingkat, dan juga saya belum mampu untuk membangun rumah tingkat sendiri he..he.. Dan hasilnya sampai sekarang cukup memuaskan karena caranya juga mudah, hampir sama dengan bertanam dikebun.

Saya akan menjelaskan cara menanam buah naga dengan model tersebut, sebenarnya tidak jauh berbeda dengan penanaman di kebun maupun dipot. Seperti tampak di foto tersebut, saya membuat petak tanam yang terbuat dari batu bata, bisa juga diganti tong atau ban mobil bekas tetapi supaya terlihat lebih bersih dan rajin saya membuat petak batu bata dengan ukuran minimal 50 x 50 cm (semakin besar semakin baik). Setelah petak jadi, kemudian diisi media tanam berikut bibit dan tiang panjatannya, sama persis seperti menanam dalam pot.

Yang harus diperhatikan adalah masalah penyiraman/pengairan. Karena sekeliling tanaman bukan tanah melainkan lantai semen yang tidak mampu menyimpan air, maka penyiraman harus lebih sering dilakukan untuk memenuhi kebutuhan tanaman. Lebih bagus lagi jika menggunakan penyiraman dengan instalasi pipa layaknya green house tanaman hias, sehingga kita tinggal membuka kran maka penyiraman akan merata otomatis. Tapi jangan lupa untuk membuat lubang pada samping bawah petak tanaman untuk membuang air setelah penyiraman atau turun hujan agar air tidak menggenang dan menyebabkan kebusukan akar.

Penanaman model ini mungkin sudah banyak dilakukan dikota-kota besar karena memang banyak sekali manfaatnya selain terlihat lebih sejuk dan menyegarkan mata, kita juga bisa menjual hasil buahnya. Selain itu juga bermanfaat untuk mengurangi polusi dan pemanasan global. Anda bisa memadukan dengan tanaman sanseviera/lidah mertua dan jenis tanaman lain yang tahan terkena sinar mata langsung. Semoga bermanfaat.

0 comments: