Kenapa Buah Naga Tidak Mau Berbuah ?

penyerbukan buah nagaAkhir-akhir ini banyak sekali yang mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang lebih tepatnya keluhan di facebook atau email saya, dan saya mohon maaf kalau mungkin responnya lambat dikarenakan kesibukan saya, tapi saya akan memposting jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut diblog saya ini, dan mohon bersabar apabila pertanyaan belum dijawab di blog ini.

Kali ini saya akan menulis tentang masalah tanaman Buah Naga yang tidak mau berbunga atau jika sudah mau berbunga tidak bisa menjadi buah. Berikut ini kebanyakan kasus yang dialami oleh para pemula yang mungkin masih awam dengan ilmu tanaman.

1. Tidak Pernah Dilakukan Pemangkasan
Yang paling sering terjadi pada banyak orang tentang masalah tanaman Buah Naga adalah tidak pernah dilakukan pemangkasan pada cabang. Bahkan ada teman yang mengeluh buah naganya tidak mau berubah, setelah saya melihat foto tanaman yang saya minta sebelumnya, ternyata tanamannya dibiarkan tumbuh merambat dipagar dan sangat panjang sekali sampai bermeter-meter tak teratur. Pemangkasan dilakukan pada buah naga bertujuan untuk mencegah cabang tumbuh terus menerus dan bertunas. Dengan dilakukan pemangkasan, maka pertumbuhan cabang akan terhenti. Jadi nutrisi dalam tanaman tidak digunakan untuk pertumbuhan tunas, tetapi digunakan untuk pembentukan buah. Dan jangan lupa, dalam masa berbuah unsur P dan K harus lebih banyak diberikan daripada unsur N.

2. Tidak Terkena Sinar Matahari
Tanaman Buah Naga wajib terkena sinar matahari langsung, karena jika tidak tanaman buah naga tidak akan tumbuh dengan baik apalagi sampai berbuah. Kebanyakan kasus teman-teman adalah tanaman dirambatkan pada pagar, tanaman besar lain, atau tanaman berada dibawah pohon yang rindang sehingga ternaungi tidak terkena sinar matahari. Ada juga yang menanam di pot tetapi diletakkan didalam ruangan atau teras.

3. Penyerbukan Tidak Sempurna
Banyak terjadi, tanaman buah naga sudah tumbuh bunga tetapi selang beberapa hari rontok dan gagal menjadi buah. Sebenarnya bunga pada tanaman buah naga termasuk bunga sempurna dimana dalam satu bunga memiliki benangsari dan putik. Untuk penanaman di lahan terbuka seperti halaman atau kebun, penyerbukan dibantu dengan serangga atau bisa juga angin. Tetapi memang banyak pekebun yang membantu penyerbukan dengan bantuan manusia, yaitu ketika bunga mekar sempurna maka jari tangan dimasukkan di dalam bunga dan diputar perlahan-lahan untuk membantu penyerbukan. Tetapi pada dasarnya tanpa bantuan manusia bunga Buah Naga juga tetap bisa terjadi penyerbukan alami. Dan yang paling penting menurut saya adalah unsur pupuk yang dibutuhkan dalam pembentukan buah harus terpenuhi dan tidak ada hama/penyakit pada tanaman buah naga maka bunga yang tumbuh tetap bisa berbunga dan berbuah dengan baik.

Dibawah ini adalah beberapa hal kecil yang kurang diperhatikan para pemula :
1. Perakaran terlalu dalam : Tanaman buah naga ditanam dalam media terlalu dalam yang mengakibatkan pertumbuhan akar menjadi lambat dan tidak optimal
2. Media tanam terlalu basah : Komposisi media tanam Buah Naga tidak boleh menyimpan air terlalu lama/menggenang yang mengakibatkan kebusukan batang.
3. Pupuk Kandang tidak matang : Penggunaan pupuk kandang yang belum matang akan menyebabkan kebusukan karena banyak bakteri pengganggu.
3. Tidak Memperhatikan Unsur Pupuk : Dalam masa pertumbuhan dibutuhkan Unsur N yang tinggi dan dalam masa berbuah dibutuhkan unsur P dan K yang tinggi.

Semoga Bermanfaat.

8 komentar:

  1. thanks for this information.

    visit me ok...
    fmipa unand

    BalasHapus
  2. Saya mau nanya mas,kalau pemupukan sudah di lakukan dan pemangkasan juga sudah dilakukan,kira-kira apakah karena memang penyerbukannya itu yang harus dibantu?
    Tanaman kami sudah 2 kali berbunga rontok terus mas.
    Trima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
  3. mas say juga kepingin tanya niih, sata mencoba menanam buah naga ini, cuma 4 batang saja tapi sudah setahun lebih belum ada bunga dan buah.ada yang bilang kalo setiap tiang ajiran rambat itu harus lebih dari satu bibit yang ditanam bagaimana tuh mas? terimakasih

    BalasHapus
  4. hehehe... cuma 1 malah lebih bagus nutrisinya fokus nggak berebutan daripada 4, kalo masalah tidak berbuah ya seperti artikel diatas, pemupukan, pemangkasan dan penyerbukan. itu aja...

    BalasHapus
  5. saya punya pohon buah naga
    tapi ghagg tumbuh" and ghagg buah" lah

    capek nunggu a :(

    BalasHapus
  6. mas mo tanya,
    yang dimaksud dengan unsur P, K & N ?
    mohon jawabannya ya.....?
    makasih

    BalasHapus
  7. @sugeng:
    Nitrogen ( N )
    -Merangsang pertumbuhan tanaman secara keseluruhan
    -Merupakan bagian dari sel ( organ ) tanaman itu sendiri
    -Berfungsi untuk sintesa asam amino dan protein dalam tanaman
    -Merangsang pertumbuhan vegetatif ( warna hijau ) seperti daun
    -Tanaman yang kekurangan unsur N gejalanya : pertumbuhan lambat/kerdil, daun hijau kekuningan, daun sempit, pendek dan tegak, daun-daun tua cepat menguning dan mati.

    Fosfor ( P )
    -Berfungsi untuk pengangkutan energi hasil metabolisme dalam tanaman
    -Merangsang pembungaan dan pembuahan
    -Merangsang pertumbuhan akar
    -Merangsang pembentukan biji
    -Merangsang pembelahan sel tanaman dan memperbesar jaringan sel
    -Tanaman yang kekurangan unsur P gejaalanya : pembentukan buah/dan biji berkurang, kerdil, daun berwarna keunguan atau kemerahan ( kurang sehat )

    Kalium ( K )
    -Berfungsi dalam proses fotosintesa, pengangkutan hasil asimilasi, enzim dan mineral termasuk air.
    -Meningkatkan daya tahan/kekebalan tanaman terhadap penyakit
    -Tanaman yang kekurangan unsur K gejalanya : batang dan daun menjadi lemas/rebah, daun berwarna hijau gelap kebiruan tidak hijau segar dan sehat, ujung daun menguning dan kering, timbul bercak coklat pada pucuk daun.

    BalasHapus
  8. Mas deni@ kalau mereknya apa mas. yang banyak mengandung N,P,K

    BalasHapus