Aplikasi Tepat Pemberian Pupuk Kandang Buah Naga

pemupukan buah nagaPemupukan adalah salah satu faktor penting dalam budidaya Buah Naga, kali ini saya akan menulis pengalaman saya dalam budidaya Buah Naga dalam hal pemberian pupuk kandang dalam tahap perkembangan dari penanaman bibit sampai tahap pembuahan. Pada dasarnya pupuk kandang apa saja cocok untuk penanaman Buah Naga, entah itu dari kotoran sapi, kotoran kambing, kotoran ayam dan lain sebagainya. Tetapi sebenarnya, masing-masing jenis pupuk kandang tersebut memiliki kelebihan sendiri yang tentu saja akan lebih maksimal jika aplikasinya sesuai dengan kebutuhan tanaman.

Dibawah ini aplikasi pemberian pupuk yang tepat untuk tanaman Buah Naga sesuai jenisnya :

1. Pupuk kandang kotoran sapi
Saya hanya menggunakan pupuk kandang yang berasal dari kotoran sapi ketika pertama kali saya membuka lahan baru untuk berkebun buah naga, entah itu sawah, kebun, pekarangan rumah yang akan mulai ditanam buah naga. Selain itu kotoran sapi lebih banyak persediaannya dan mudah didapatkan, tentu lebih mudah bagi saya untuk menyuburkan lahan yang luas dan membutuhkan jumlah pupuk lebih banyak.

2. Pupuk kandang kotoran ayam
Menurut pengalaman saya, pupuk kandang yang berasal dari kotoran ayam paling bagus digunakan untuk menggenjot pertumbuhan tanaman Buah Naga dari tahap bibit sampai waktu berbuah. Perkembangannya jauh lebih bagus daripada jenis pupuk kandang lain, batang tanaman terlihat lebih hijau dan segar, ukuran batang lebih besar dan jauh lebih cepat tumbuhnya tunas cabang baru.

3. Pupuk kandang kotoran kambing
Pupuk kandang yang berasal dari kotoran kambing lebih cocok diberikan ketika tanam Buah Naga memasuki tahap berbunga dan berbuah. Pemberian pupuk ini akan membuat jumlah bunga yang lebih banyak, dan tingkat keberhasilan menjadi buah semakin maksimal.

Disini saya tidak akan memaparkan kandungan nutrisi pada masing-masing jenis pupuk kandang, karena saya yakin banyak pembaca blog ini yang awam dengan ilmu tanaman, jadi saya cuma memberikan cara yang tepat dan terbaik saja dalam hal pemupukan dalam budidaya Buah Naga. Yang perlu diingat adalah, pupuk kandang harus matang sebelum diberikan pada tanaman, karena jika tidak, malah akan menyebabkan tanaman membusuk dan gagal produksi.

Semoga Bermanfaat, Salam.

0 comments: