Apakah Buah Naga Bisa Berbuah Sepanjang Tahun?

budidaya buah nagaAda beberapa orang yang menanyakan apakah tanaman Buah Naga bisa berbuah sepanjang tahun? tidak tergantung waktu musim buah datang? Jawabannya tentu saja bisa. Sekarang ini sudah banyak sekali para pekebun yang sudah berhasil untuk membuat buah naga berbuah sepanjang tahun, bukti sederhananya persediaan buah naga selalu ada di mall/plaza, pasar sepanjang tahun kan?.

Lalu bagaimana caranya ? tentu saja harus "mengkondisikan" tanaman Buah Naga untuk berbuah sepanjang tahun. pemberian pupuk yang tepat, kondisi lahan dan daerah dengan musim yang medukung dan lain-lain. Saya tidak berani untuk membahas ini lebih detail, karena saya belum mencoba untuk membuahkan tanaman buah naga sepanjang tahun.

Beberapa faktor kenapa saya tidak membuahkan buah sepanjang tahun adalah :
1. Daerah saya (Blora-Jawa Tengah) yang sangat kering jika musim kemarau datang, air di sumur, sungai, dan waduk sekalipun selalu habis, dan itu menjadi masalah yang belum terselesaikan sampai sekarang. Kalau daerah lain mungkin saja akan lebih mudah dilakukan dan diusahakan.

2. Masih banyak kendala jika saya hanya fokus di buah, saya hanya mengirim buah untuk daerah yang dekat-dekat saja, untuk pengiriman ke luar propinsi atau luar pulau kendala utamanya adalah ongkos kirim (harus jumlah besar untuk menghemat ongkos kirim) dan prosentase kerusakan buah sangat besar selama proses pengiriman dan jika terlambat beberapa hari saja buah sudah tidak segar lagi, saya sering mengalami kerugian disini. Jika saya menggunakan bahan untuk menjaga kesegaran buah tentu saja ada biaya tambahan kecuali saya mengirim dalam jumlah besar di satu tujuan dan harganya tentu lebih tinggi. Belum lagi terbatasnya jumlah biro pengiriman di tempat tinggal saya yang bisa dibilang kota kecil.

3. Keuntungan menjual bibit juga lebih besar, diposting sebelumnya sudah saya jelaskan meraih keuntungan dengan penjualan bibit. Karena pertimbangan bisnis tersebut, saya memilih langkah mudahnya saja. Lebih baik saya memperbanyak bibit dengan pangkas habis dan hanya membuahkan jika musim buah datang, daripada susah-susah "melawan" alam dengan kondisi daerah saya yang tidak memungkinkan.

4. Karena sudah banyak pekebun yang melakukannya. Sekarang ini sudah banyak sekali pekebun buah naga yang fokus pada hasil buahnya. Saya lebih melihat bahwa peluang untuk bersaing dengan buah naga hasil impor agak sulit, karena teknologi kita sudah jelas tertinggal dan dibutuhkan modal dan usaha lebih keras untuk mengejarnya. Jadi saya lebih fokus untuk pengadaan bibit, karena celah ini masih sangat besar. Tanaman buah naga mulai banyak dikenal luas, dan tentu saja permintaan bibit buah naga akan semakin besar dan saya sudah menyiapkan ini sejak lama.

Jadi intinya, jika daerah anda bagus dan memungkinkan akan lebih baik jika anda fokus di hasil buah, kalau anda masih kesulitan untuk meraup untung di penjualan buah, saya sudah membuktikan bahwa keuntungan dari penjualan bibit juga besar dan terbuka lebar. So, anda pilih yang mana?

Semoga bermanfaat.

0 comments: