Buah Naga Kuning Tumbuh Lambat ?

Sebelumnya saya sudah menjelaskan tentang spesifikasi tanaman buah naga jenis kuning (isi putih) yang memang lebih cocok ditanam di dataran tinggi dengan suhu lebih dingin. Jadi bagi anda yang menanam buah naga jenis ini didataran rendah, pasti mengalami lambatnya pertumbuhan buah naga jenis kuning ini, meskipun sudah diberikan pupuk yang memadai tetapi masih terlalu jauh dibandingkan dengan pertumbuhan buah naga jenis lain seperti jenis putih, merah, hitam dll.

Sebenarnya itu juga normal, karena ukuran diameter batang buah naga kuning ini lebih kecil dibanding jenis lain, otomatis pertumbuhannya juga kalah cepat. Tapi jangan kuatir, kali ini saya akan menjelaskan cara untuk mempercepat pertumbuhan buah naga kuning dengan cara menyambung dengan tanaman buah naga jenis lain yang lebih cepat pertumbuhannya.

Seperti pada foto di bawah ini, saya menggunakan tanaman buah naga jenis merah sebagai batang pokok (bagian bawah tertanam dalam tanah) dipilih yang sudah berakar banyak dan sehat, kemudian potongan batang buah naga jenis kuning pada bagian atas. Teknik menyambungnya sama dengan model sambungan yang digunakan tiang kayu pada bangunan, satu sama lain saling menguatkan. Kemudian anda bisa menggunakan plastik, selotip atau apa saja bahan yang elastis untuk memperkuat sambungan tersebut.

Yang perlu diperhatikan adalah anda harus memotong semua duri yang ada pada batang bawah (jenis merah). Hal ini bertujuan supaya tidak ada tunas baru yang tumbuh di batang bawah. Otomatis nutrisi yang diserap oleh akar batang bawah akan terus disalurkan pada batang atas tanpa terbagi pada tunas baru pada batang bawah. Anda juga bisa menggunakan buah naga jenis putih, hitam, superred sebagai batang bawahnya.

teknik menyambung buah naga

Setelah 1-2 minggu, jika pada batang atas (jenis kuning) mulai terlihat tunas yang tumbuh dan terlihat sehat dan tidak layu, berarti penyambungan sudah berhasil. Anda tinggal menunggu sambungan sudah kuat satu sama lain, baru anda pindahkan di media tanam yang lebih besar atau di kebun.



Semoga bermanfaat.

0 comments: