Mengatasi Busuk Batang Buah Naga

Bagi pekebun atau yang memiliki tanaman buah naga, penyakit busuk batang (batang berwarna kuning kecoklatan dan lembek) merupakan penyakit yang paling sering muncul apalagi pada musim hujan seperti sekarang ini. Saya juga sering sekali mendapatkan pertanyaan bagaimana mengatasi penyakit busuk batang buah naga ini, yang sebenarnya sudah saya jawab, tapi masih banyak yang mengajukan pertanyaan yang sama, kali ini saya akan menjelaskan bagaimana mengatasi penyakit busuk batang pada buah naga dengan dilengkapi contoh gambar untuk lebih jelasnya.

Sebenarnya penyakit busuk batang buah naga ini dapat dicegah dengan menjaga kebersihan lahan dan memberikan saluran air yang baik supaya air (terutama air hujan) tidak menggenang terlalu lama dalam media tanam. Hal ini bisa diatasi dengan memberikan pasir yang cukup banyak di sekitar media tanam. Atau anda bisa memberikan fungisida secara berkala untuk mematikan jamur yang ada.

Lalu bagaimana jika tanaman buah naga sudah terjangkit penyakit ini ? Sebenarnya caranya cukup mudah, seperti gambar dibawah ini, anda tinggal memotong batang yang busuk dan jangan lupa untuk membakar atau menimbun dalam tanah potongan batang yang busuk tersebut. Kemudian batang buah naga di kering anginkan, bisa juga sebelumnya direndam atau diolesi fungisida pada luka potongan tersebut.


Kalau saya, biasanya hanya membersihkan daging batang yang busuk saja tapi masih menyisakan batang tengahnya (keras seperti kayu), tidak memotong habis seluruh batangnya, cara ini juga tidak mengganggu pertumbuhan buah naga itu sendiri, karena nanti akan tetap tumbuh akar seperti gambar dibawah ini.


Setelah bagian busuk sudah bersih, langsung saja untuk menanamnya dalam media, beberapa minggu kemudian akan tumbuh akar dan tanaman buah naga anda kembali sehat dan tumbuh dengan baik.


Semoga bermanfaat.

0 comments: