Menggunakan Ban Bekas Pada Media Buah Naga

Kali ini saya akan berbagi tips tentang budidaya buah naga khususnya penanaman di kebun atau di pekarangan rumah, yaitu penggunaan ban mobil bekas sebagai wadah/tempat media tanam buah naga. Memang kita harus mengeluarkan biaya didepan untuk membeli ban bekas sebanyak tiang pancang yang kita miliki, tetapi sebenarnya penggunaan ban bekas ini mendatangkan banyak keuntungan dan bisa menghemat biaya dan tenaga operasional dalam pemeliharaannya.

Kelebihan penggunaan ban bekas antara lain :
1. Di musim penghujan seperti ini dimana curah hujan sangat tinggi, tentu saja menimbulkan banyak gangguan pada tanaman buah naga, terutama penyakit busuk batang dikarenakan air yang menggenang terlalu lama pada media/tanah. Dengan menggunakan ban ini, air lebih cepat mengalir ke bawah (ban lebih tinggi dari permukaan sekitarnya) dan membuat kesehatan akar tetap terjaga.

2. Pada budidaya buah naga dikebun, tentu saja banyak sekali tumbuh rumput yang semakin subur di musim penghujan seperti ini, meskipun tidak mematikan tetapi tetap mengganggu karena rumput ikut menyerap unsur hara yang ada pada media tanam. Dengan menggunakan ban bekas, anda cukup membersihkan rumput yang ada didalam ban saja dan diluar ban dibiarkan tidak masalah.

3. Pemupukan harus dilakukan secara berkala pada tanaman buah naga, terutama pada musim berbuah. Dengan menggunakan ban ini, pupuk yang diberikan akan tetap berada dalam ban tidak tersebar kemana-mana, yang tentu saja akan lebih optimal hasilnya.

4. Banyak permasalahan yang dikeluhkan para pekebun yaitu buah naganya tumbuh sangat lambat meskipun sudah dilakukan pemupukan, yang sebenarnya disebabkan karena perakaran ditanam terlalu dalam dan media/tanah terlalu padat sehingga mengganggu pernafasan akar. Dengan menggunakan ban ini, anda tidak usah menggali, tetapi cukup diletakkan saja kemudian ditimbun tanah sesuai ketebalan ban. Jika media terlalu padat, anda juga lebih mudah untuk memperbaikinya.

5. Kebun buah naga, biasanya digunakan sebagai agro wisata dimana pengunjung diperbolehkan untuk berkeliling memetik sendiri, dengan menggunakan ban bekas ini, kebun anda akan terlihat lebih rapi dan bersih, sehingga pengunjung akan merasa lebih nyaman.

Semoga bermanfaat.

0 comments: