Berkebun Buah Naga Dengan Tumpang Sari

Beberapa waktu lalu, ada seseorang yang bertanya kepada saya apakah budidaya Buah Naga bisa dilakukan dengan Tumpang Sari (ditanam bersama tanaman lain dalam satu lahan)?. Jawabannya tentu saja bisa, tetapi juga tetap harus diperhatikan beberapa hal yang bisa saja malah mengganggu pertumbuhan tanaman Buah Naga itu sendiri sebagai tanaman utamanya.

Saya sendiri tidak menggunakan model tumpang sari di kebun buah naga saya, saya hanya mencoba model ini dalam skala kecil yaitu di pekarangan rumah saja. Berikut ini adalah foto sebagai contoh penanaman Buah Naga dengan tumpang sari, saya menanam tanaman Terong Ungu sebagai tanaman pendampingnya.

Tumpang Sari Buah NagaTumpang Sari Buah Naga


Berikut ini hal-hal yang harus diperhatikan, jika anda ingin melakukan tumpang sari pada kebun Buah Naga :

1. Tidak Boleh Lebih Tinggi dari Buah Naga
Karena tanaman buah naga, wajib memperoleh penyinaran matahari secara penuh, maka tanaman yang digunakan sebagai tumpang sari tidak boleh lebih tinggi dari tanaman buah naga itu sendiri (menghalangi atau menaungi tanaman buah naga dari sinar matahari).

2. Masa Tumbuh sampai Panen Cepat
Sebaiknya anda menggunakan tanaman yg digunakan sebagai tumpang sari adalah tanaman yang masa pertumbuhan sampai masa panen relatif cepat, seperti tomat, kacang tanah, terong, mentimun, semangka, dan lain sebagainya.

3. Hentikan pada Musim berbuah Buah Naga
Ketika musim berbuah tanaman buah naga tiba (November-Maret), sebaiknya tanaman tumpang sari mulai dihilangkan, karena pada masa ini pemupukan menjadi faktor penting untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi buah naga, mulailah setelah musim panen selesai atau ketika melakukan pangkas habis (klik disini).

4. Gunakan Metode penggunaan Ban Bekas
Sebelumnya saya sudah menjelaskan penggunaan ban bekas pada media buah naga yg bisa di baca disini. Metode tersebut berfungsi untuk memfokuskan pemupukan untuk Buah Naga hanya diserap oleh tanaman buah naga saja, tidak diserap tanaman tumpang sarinya.

Semoga bermanfaat. Salam.

0 comments: