Proses Perkembangan Dari Bunga Menjadi Buah Naga

Kali ini saya akan menulis tentang proses Buah Naga mulai dari tumbuhnya kuncup bunga sampai menjadi buah yang siap dipetik dan dikonsumsi. Semoga juga bermanfaat bagi teman-teman yang mengalami masalah pembuahan Buah Naga (bunga rontok tidak menjadi buah) yang akan saya bahas diposting selanjutnya.

Oke, langsung saja. Gambar dibawah ini adalah munculnya kuncup calon bunga buah naga :

buah nagaBunga Buah Naga


dan berikutnya akan tumbuh memanjang seperti gambar di bawah ini :

buah nagabuah naga


kemudian bunga saatnya untuk mekar. Saat bunga buah naga mekar sempurna seperti gambar di bawah, sebaiknya anda bersiap-siap untuk melakukan penyerbukan dengan tangan atau kuas kecil. Nanti posting selanjutnya akan saya bahas cara penyerbukannya.

bunga buah nagabunga buah naga mekar sempurna


Setelah bunga buah naga mekar sempurna (umumnya terjadi pada malam hari), kemudian mahkota bunga akan menutup dan layu seperti gambar di bawah ini:

buah nagabuah naga


Jika penyerbukan berhasil, mahkota bunga akan layu dan mengering kemudian terlepas sendiri, pada pangkal bunga akan membesar/membulat sudah terlihat seperti buah dalam ukuran kecil.

buah nagabuah naga


Kemudian buah akan tumbuh membesar sampai berubah warna dan siap dipetik.

buah nagabuah naga


Waktu yang dibutuhkan buah naga dari kuncup sampai matang bisa dipetik sekitar 40 hari. Dibawah ini contoh buah yang siap dipetik :

buah naga siap petik

buah naga

Semoga Bermanfaat.

0 comments: