Penyerbukan Buah Naga Alami Lebah Madu

Kali ini saya akan menulis teknik penyerbukan bunga buah naga dengan teknik sederhana dan tidak perlu menggunakan tenaga kerja manusia untuk penyerbukan manual dengan tangan yang selama ini dilakukan semua pekebun Buah Naga.

Banyak sekali pertanyaan tentang penyerbukan buah naga, yang intinya, kebanyakan teman-teman mengalami kesulitan yaitu bagaimana cara menyerbukkan bunga buah naga supaya berhasil menjadi buah? padahal sudah dilakukan pemupukan dan pemangkasan dengan benar? tetapi tetap saja bunga gagal penyerbukan menjadi buah.

Sebelumnya, saya sendiri hanya melakukan penyerbukan dengan tangan kalau habis turun hujan saja, karena agen penyerbuk (serangga, kupu2, lebah dll) kurang aktif saat itu. Dan selama ini juga prosentase menjadi buah cukup memuaskan. Dan ternyata, dibeberapa daerah (menurut keterangan banyak pekebun) dimana jumlah populasi agen penyerbuk minim, maka penyerbukan dengan bantuan tangan manusia wajib dilakukan, berbeda dengan daerah saya yang masih asri (jumlah agen penyerbuk melimpah).

Kebanyakan pekebun, memakai banyak tenaga kerja (untuk kebun yg luas) karena bunga buah naga umumnya mekar dimalam hari dan waktunya juga tidak lama lalu layu sendiri, karena itulah, butuh banyak tenaga kerja untuk melakukan penyerbukan serentak apalagi jika tanaman buah naganya berjumlah ribuan. Dan tentu saja memerlukan biaya operasional yang cukup besar hanya untuk penyerbukan saja.

Saya akan memberitahu teknik penyerbukan yang cukup mudah dan otomatis yang sudah saya terapkan sebelumnya dan hasilnya juga tidak kalah dengan penyerbukan manual dengan tangan manusia. Teknik penyerbukan ini adalah dengan menggunakan LEBAH MADU, untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar.





Anda cukup memelihara lebah madu di sekitar kebun buah naga anda, jika tanaman buah naga anda waktunya berbunga, lebah-lebah tersebut akan bergerak sendiri membantu penyerbukan dan tingkat keberhasilannya mencapai 90 %. Dengan begitu anda sudah menghemat banyak biaya yang selama ini digunakan untuk membayar tenaga kerja untuk melakukan penyerbukan di malam hari. Akan lebih baik lagi jika anda memberikan pencahayaan buatan di malam hari dengan sinar lampu yang terang.

Untuk lebih jelasnya, bagaimana lebah madu menyerbukkan bunga buah naga, bisa dilihat pada video dibawah ini :



Semoga Bermanfaat.

0 comments: