Panduan Bisnis Buah Naga Modal Minim (1)

Selama ini banyak sekali yang tertarik dengan bisnis buah naga dan berkonsultasi dengan saya, tetapi sebagian besar adalah teman-teman yang merasa kurang pengalaman di bidang ilmu tanaman atau tidak memiliki modal besar untuk memulai bisnis buah naga yang memang membutuhkan modal yang cukup besar untuk berkebun buah naga, karena membutuhkan lahan yang luas, tiang panjatan dari beton, belum lagi harga bibit buah naga berbagai jenis.

Kali ini saya akan menulis langkah-langkah memulai bisnis buah naga khusus bagi teman-teman yang mempunyai kendala seperti di bawah ini :

1. Modal yang terbatas
2. Tidak punya lahan yang luas
3. Tidak mempunyai pengalaman di bidang tanaman / pertanian
4. Belum memiliki pekerjaan tetap, dan ingin berwirausaha dan bosan jadi pegawai
5. Bangkrut dari bisnis sebelumnya dan masih punya sisa aset untuk memulai bisnis ini

Oke, langsung saja saya akan menjelaskan kiat-kiat memulai bisnis buah naga dengan modal terbatas tapi tetap aman dilakukan. Beberapa hal yang harus anda perhatikan (untuk lebih meyakinkan niat anda) adalah sebagai berikut :

1. Bisnis buah naga baru saja booming di Indonesia, bisnis ini bukan bisnis musiman karena produknya adalah buah konsumsi layaknya apel, jeruk, mangga, kelengkeng, dan lain sebagainya. Permintaan pasar akan buah naga cukup tinggi dan belum terpenuhi, hal ini bisa dilihat dari stok di supermarket atau pasar tradisional yang masih terbatas hanya jenis tertentu (jenis putih dan merah) itupun tidak selalu tersedia dan banyak buah naga yang didatangkan dari impor. Bahkan di daerah luar Jawa dan Bali masih jarang sekali dan buah naga juga masih asing / belum banyak dikenal. Padahal sudah banyak penelitian yang mengungkap banyak khasiat yang dikandung buah naga untuk kesehatan manusia.

2. Permintaan Bibit juga besar dan menguntungkan, bagi anda yang belum sukses membuat tanaman buah naga berhasil berbuah jangan kuatir, karena anda masih tetap bisa meraih keuntungan dari penjualan bibit seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya di posting saya Cara Cepat Kembali Modal. Cara pembuatan bibit buah naga juga sudah saya tulis yang bisa di baca disini. Saya sendiri masih lebih fokus di penjualan bibit, karena target pemasaran saya seluruh Indonesia jadi pengiriman tetap aman dilakukan meskipun sering terjadi keterlambatan pengiriman akibat keterbatasan letak daerah saya yang kecil dan belum banyak pilihan Biro Pengiriman Barang. Untuk penjualan buah masih terbatas pada daerah-daerah yang dekat-dekat saja, karena buah tidak bisa tahan lama dalam proses pengiriman yang memakan waktu beberapa hari (kecuali dengan mesin pendingin). Dan yang perlu anda ketahui, keuntungan dari penjualan bibit sama besarnya dengan keuntungan penjualan buahnya.

3. Peluang untuk pasar Tabulampot Buah Naga (Tanaman Buah dalam Pot)
Bagi anda yang tinggal di kota-kota besar bisa membidik peluang ini, tanaman buah naga yang dikemas menjadi tabulampot sangat menarik layaknya tanaman hias yang bisa diletakkan di halaman / pekarangan rumah terutama bagi komplek perumahan elite, perkatoran, instansi-instansi pemerintah, hotel dan restoran. Pola masyarakat kota-kota besar yang ingin cara-cara praktis dan tidak membutuhkan tenaga dan waktu banyak bisa dipenuhi dengan tabulampot buah naga ini, karena tampilan buahnya juga cukup menarik dan eksotis. Cara membuat tabulampot buah naga bisa dibaca disini.
 
4. Internet adalah sumber informasi dan pasar yang tidak terbatas
Kalau anda membaca tulisan ini, pasti anda sudah memiliki koneksi internet. Anda bisa mencari banyak artikel-artikel yang membahas tentang seluk beluk bisnis dan budidaya buah naga baik dari blog dan website dari berbagai sumber dari Indonesia maupun dari asing (luar negeri) anda bisa terus mengikuti perkembangan cara-cara yang lebih mudah dan bagus untuk meningkatkan hasil budidaya buah naga dan tanaman lainnya. Jumlah pengguna internet juga sangat besar dan terus meningkat setiap harinya, belum lagi munculnya situs-situs jaringan pertemanan (social networking) yang semakin mudah anda berinteraksi dengan siapa saja dan dimana saja tanpa terpengaruh jarak yang jauh. Hal inilah yang saya bilang merupakan pasar yang tidak terbatas dan masyarakat sekarang ini sudah terbiasa untuk bertransaksi jual beli secara online. Jangan pernah takut produk yang anda jual tidak laku, pasar dan kesempatan selalu terbuka lebar.


Karena sudah terlalu panjang, artikel akan saya lanjutkan di posting selanjutnya tentang step by step bagaimana memulai bisnis buah naga dengan modal yang minim dan terbatas... (bersambung).

4 komentar:

  1. Aslm.....

    trmksih bnyak tuk postingannya Mas.

    saya sering mngikutinya krn saya punya niat mnjadi pengusaha buah naga. mhon bntu saya mas.....

    trus brjuang untuk sllu brkrya.
    oy, klw mo psan bibit ke aceh bsa mas...? dan gmn hrganya,,,,?

    BalasHapus
  2. @Mirdha.
    Wa'alaikumsalam mas...
    Terima kasih, semoga bermanfaat.
    Insya Allah bisa terus berbagi....sama2 belajar

    Untuk ke Aceh, saya juga sering kirim sana... mas, hubungi Pak. Andi 081.325922364 aja... nanti dikirim.

    Thank's

    BalasHapus
  3. Thanks byk mas atas berbagai info nya tentang buah naga....
    yang mau saya ketahui, saya sekarang di Batam, kira-kira ada ga yang mas kirim ke daerah Batam, dan kalo ada kemana saya akan menghubungi..?

    trima kasih..

    BalasHapus
  4. Saya juga sering kirim ke batam, coba2 tanya2 ke bag. pemasaran saya pak andi 081325922364. thanks

    BalasHapus