Penyerbukan Manual Bunga Buah Naga

Karena begitu banyaknya pertanyaan-pertanyaan kepada saya tentang penyerbukan manual dengan tangan pada bunga buah naga, kali ini saya akan menjelaskan bagian-bagian dari bunga buah naga supaya teman-teman bisa memahami bagian mana benang sari dan putik yang harus "dipertemukan" agar terjadi penyerbukan pada bunga dan akhirnya menjadi buah.

Tetapi perlu diketahui, pada tanaman buah naga juga ada bunga rusak/atau gagal yang memang harus dibuang karena tidak mungkin untuk dilakukan penyerbukan. seperti gambar dibawah ini, bunga yang terhitung rusak atau gagal dari pertama tumbuh kuncup sudah berwarna kuning dan layu (tidak terlihat segar), bunga-bunga seperti ini wajib segera dibuang.

bunga buah nagabungabuah naga rusak


Dan berikut ini bagian-bagian bunga buah naga baik mahkota bunga, benang sari dan putik bisa dilihat pada foto dibawah ini, foto ini saya ambil tidak dalam kondisi mekar sempurna karena keterbatasan waktu saya, lain kali akan saya perbaiki, tapi sudah cukup untuk menjelaskan bagian-bagian tersebut :

bagian bunga buah naga putik benang sari

Proses penyerbukan pada bunga buah naga, intinya sama dengan bunga tanaman lain yaitu mempertemukan serbuk sari dan putik. Pada gambar, benang sari bentuknya seperti benang-benang yang jumlahnya banyak melingkari putik yang tumbuh memanjang, dan pada ujungnya terdapat serbuk sari, serbuk sari inilah yang harus dioleskan pada putik (saya beri lingkaran ungu). Anda bisa mengambil serbuk sari dengan merontokkan dengan kuas kecil pada wadah atau bisa menggunakan kertas minyak (licin dan supaya serbuk sari terlihat jelas), kemudian oleskan pada putiknya dengan kuas tersebut. Jika anda menggunakan tangan, anda tinggal memindahkan serbuk sari dan dioleskan pada putiknya juga. Saya rasa, pengertiannya sederhana dan cukup mudah dipahami pasti anda bisa melakukan penyerbukan sendiri.

bunga buah nagabunga buah naga mekar sempurna


Tetapi, jika tulisan saya ini belum jelas dan sulit dipahami, silahkan memberikan komentar di bawah, nanti akan saya berikan gambar-gambar atau video cara penyerbukan manual buah naga.

Semoga Bermanfaat. Salam.

19 komentar:

  1. terima kasih atas artikel ini...
    saya sudah melakukan penyerbukan manual seperti yang tertulis diatas, tetapi kenapa bunganya setelah 3-4 hari selalu menguning, layu, kemudian rontok.. dari semua bunga yang saya serbuki selalu sama...
    mungkin mas bisa membantu saya..

    terima kasih banyak atas bantuannya

    BalasHapus
  2. @Imperata : penyerbukannya pake kuas atau tangan langsung, yakin kalau serbuk sarinya udah nempel diputiknya? harusnya sih tetap jadi, mudah sebenernya...

    BalasHapus
  3. mas fungsi benang sarinya itu apa yah???

    BalasHapus
  4. Kapan waktu yg tepat untuk penyerbukan manual bunga buah naga..? sy udah lakukan penyerbukan pakai kuas kecil bbrp kali tp slalu gagal jd buah, mohon pentunjuk lebih lanjut......thanks

    BalasHapus
  5. @Yusri : waktu terbaik pada saat bunga mekar sempurna (biasanya malam hari). jika masih gagal biasanya karena terkena air hujan, tangan atau kuas berkeringat/basah. Supaya agen penyerbuk (serangga, lebah dll) aktif lebih lama, bisa dibantu tambahan pencahayaan dengan lampu.

    Intinya jika sudah bunga tapi gagal buah berarti PENYERBUKAN GAGAL. karena tumbuhnya bunga sendiri menandakan unsur2 sudah terpenuhi.

    Kurang air, pupuk/hara, akar terganggu dll hanya berpengaruh pada ukuran dan kualitas buah saja, tidak berpengaruh pada gagalnya bunga menjadi buah.

    BalasHapus
  6. Oh iya, jika melakukan penyerbukan dengan tangan atau kuas, hati-hati dengan tangkai putiknya. jika rusak atau patah penyerbukan bisa gagal. kalau benang sarinya dipotong/diambil serbuknya tidak masalah, benang sari dari kuntum satu bisa dikawinkan dengan putik kuntum bunga lain. Thanks

    BalasHapus
  7. maaf mengenai fungsi putik & benangsari, apakah tdk terbalik ? trims

    BalasHapus
  8. @TB Budiana : Oh iya, terima kasih atas koreksinya. Yang benar serbuk sari sebagai pejantan yang membuahi putik (betina).

    BalasHapus
  9. Apa yg hrs dilakukan setelah penyerbukan manual selesai ?, krn skrg musim hujan. tx

    BalasHapus
  10. Mau nanya gan, apa benar pembuahan serbuksari antar bunga DALAM 1 POHON bisa berhasil? Jadi kita tidak perlu cari pohon naga yang lain gt.
    Trims

    BalasHapus
  11. @karyanto : bisa diberi kerodong plastik untuk menghindari air hujan

    @Lukman : Bisa, karena bunga buah naga adalah bunga sempurna serbuksari bisa mengawini putik dalam satu bunga, serbuk sari A ke putik B untuk penyilangan.

    BalasHapus
  12. makasih mas artikel nya membantu, saya juga melakukan penyerbukan dengan kuas sebelum baca artikel ini, tapi setelah saya coba beberapa kali ternyata lebih maksimal hasilnya apabila penyerbukan dilakukan silang bunga, jadi serbuk bunga yang lain untuk putik yang lain juga. :)
    o iya saya menanam bibit buah naga super red, tapi kualitas buah (ukuran buah) kurang maksimal, kadang ada yang besar, tapi kebanyakan kecil.he...ada saran biar ukuran buah nya maksimal?
    terima kasih

    BalasHapus
  13. jam brp waktu tepat untuk penyerbukan manual?

    BalasHapus
  14. kalo boleh membantu jawab, sepertinya penyerbukan manual baiknya sebelum jam.9.

    BalasHapus
  15. @Intan : bunga buah naga biasanya mekar serempak pada malam hari, tapi ada juga yang pagi, siang dan sore hari. waktu penyerbukan terbaik yaitu pada saat bunga MEKAR SEMPURNA, mau pagi, siang, sore, malam kalau sudah mekar sempurna, saat itulah waktu terbaik penyerbukan.

    @Aero : Thanks

    BalasHapus
  16. trims infonya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  17. terima kasih infonya sangat bermanfaat.
    mau dicoba nantinya.
    keluargahusni.blogspot.com

    BalasHapus
  18. saya juga mengalami hal yang sama, setelah penyerbukan manual dan diberi kerudung bunga tampak bagus tapi setelah beberapa hari dilepas kerudung bungan tampak layu, mohon pencerahan apa yang harus saya lakukan, terimaksih

    BalasHapus
  19. terima kasih atas infonya, saya mau coba.

    BalasHapus