Pembagian Kelas/Grid Buah Naga Menurut Beratnya

Permintaan buah naga semakin meningkat sekarang ini, dan masih banyak sekali permintaan besar yang belum terpenuhi. Bahkan di luar pulau Jawa dan Bali, persediaan di pasaran umumnya hanya jenis putih dan merah saja. Berikut ini saya akan memberikan pembagian kelas / grid buah naga sesuai permintaan pasar menurut beratnya :

1. Kelas Super (+ 700 gr/buah)
Buah naga kelas super adalah hasil sortiran dipilih yang mempunyai berat diatas 700 gram per buah. Namun saat ini, jarang sekali diperoleh dalam jumlah besar. Prosentase berat buah naga dengan berat ini hanya 10-20 % saja dari seluruh hasil produksi. Tetapi tidak menutup kemungkinan, dengan kemajuan teknologi budidaya, kelak akan semakin meningkat prosentasenya.

2. Kelas A (500-600 gr/buah)
Permintaan buah naga kelas ini biasanya dari supermarket besar. Dalam budidaya buah naga yang benar dan optimal, buah naga dengan berat 500-600 gr inilah yang memiliki prosentase paling besar yaitu 40-50 % dari seluruh hasil produksi. Tetapi dibeberapa daerah, para pekebun masih sulit mencapai berat tersebut, apalagi cuaca tahun ini yang kurang mendukung.

3. Kelas B (350-450 gr/buah)
Buah naga kelas inilah yang paling banyak beredar dipasaran dan ditawarkan pekebun buah naga saat ini. Prosentasenya 20-30% (jika budidayanya benar), tetapi saat ini buah naga dengan berat tersebutlah yang memiliki prosentase terbesar yang dihasilkan hampir semua pekebun buah naga. Buah Naga kelas ini juga masih diterima di pasar swalayan/supermarket, dan pasar tradisional juga banyak tersedia.

4. Kelas C (250-300 gr/buah)
Buah naga dengan berat 250-300 gr prosentasenya juga kecil sekitar 10-20% saja, buah naga kelas ini tidak diterima pasar swalayan/supermarket. Kebanyakan para pekebun menjual di pasar tradisional dicampur dengan buah naga kelas B untuk menyiasati pemasarannya.

Keterangan :
1. Data di atas tidak termasuk buah naga jenis kuning
2. Data diatas bisa berbeda di beberapa daerah dengan perbedaan kondisi tanah, ketinggian, cuaca, perlakuan budidaya dan lain-lain.
3. Prosentase yang saya tulis merupakan prosentase hasil produksi dari budidaya yang benar dan ideal.
4. Pembagian kelas buah mungkin berbeda dengan wilayah di luar pulau Jawa dan Bali.


Semoga Bermanfaat.

1 komentar:

  1. saya ingin membeli buah naga merah dgn qty 500-700kg (uk 450gr up), apakah ada rekanan yg bisa supply untuk saya?Lokasi saya di jakarta..Terima kasih

    BalasHapus