Panduan Bisnis Buah Naga Modal Besar (1)

bisnis buah nagaBagi anda yang memiliki modal besar dan ingin membudidayakan buah naga dalam skala besar, berikut ini beberapa faktor penting yang harus diperhatikan agar mendapatkan hasil yang maksimal. Karena anda mempunyai modal berlebih, tentu saja lebih mudah untuk mewujudkan pola budidaya yang terbaik yang tentu saja membutuhkan biaya lebih besar di depan, dan tentu saja artikel saya ini berbeda dengan artikel sebelumnya Panduan Bisnis Budidaya Buah Naga untuk Modal Minim.

Beberapa faktor penting yang mungkin bisa menjadi masukan bagi anda untuk budidaya buah naga dalam jumlah besar sebagai berikut :

Pemilihan Lahan Yang Bagus
Lahan yang bagus dan ideal untuk budidaya buah naga adalah sebagai berikut :
1. Lahan yang terbaik adalah lokasi di dekat pantai, tanaman buah naga adalah tanaman sejenis kaktus yang lebih cocok hidup di lahan pasir dan mendapat panas matahari secara penuh. Keuntungan lainnya adalah pada lahan pasir lebih minim tumbuhnya gulma/rumput atau tanaman lain yang mengganggu, tidak ada air yang menggenang terlalu lama, dan lebih mudah dalam perawatannya dan sanitasi/kebersihan kebun lebih terjaga.

Jika anda tidak memiliki lahan di dekat pantai, sebaiknya "merekayasa" lahan anda (misal lahan persawahan) seperti lahan di dekat pantai yaitu dengan memberi pasir dalam jumlah besar dan menghilangkan tanaman lain berukuran besar yang menjadi penghalang dari sinar matahari. Jika lahan anda adalah tanah persawahan, maka anda wajib menggemburkan tanah secara periodik minimal 6 bulan sekali, dan hal ini tidak perlu dilakukan kalau media tanam anda adalah sebagian besar pasir.

2. Pastikan lahan anda bisa dimasuki kendaraan besar / mobil
Dalam budidaya buah naga skala besar, nantinya di butuhkan transportasi dengan muatan besar misalnya pupuk kandang, tiang panjatan, ban bekas dll. Pada masa panen juga diperlukan jalan masuk untuk mobil pick up atau truk untuk mengambil hasil panen anda. Anda akan membutuhkan biaya jauh lebih besar jika anda membudidayakan buah naga di lahan yang tidak bisa di masuki kendaraan besar.

3. Lebih baik jika lahan anda di sekitar sentra buah naga
Di daerah sentra buah naga terdapat banyak pekebun lain yang tentu saja ketersediaan bahan-bahan yang di butuhkan dalam budidaya buah naga lebih mudah didapatkan, anda juga bisa melakukan kerja sama dengan pekebun lain apabila anda mempunyai kontrak jual beli buah naga secara rutin dan dalam jumlah ditentukan, anda bisa mengambil bibit atau buah dari pekebun lain untuk memenuhi permintaan konsumen anda, dan masih banyak lagi keuntungan yang anda dapatkan jika anda bekerjasama dengan para pekebun lain misalnya dalam bentuk paguyuban atau asosiasi petani buah naga.

4. Mempunyai lahan di beberapa tempat
Tahun ini bisa dikatakan produksi buah naga di beberapa tempat mengalami penurunan akibat dari perubahan cuaca yang tidak menentu, curah hujan yang tinggi dan berbagai macam gangguan alam lainnya. Jika anda mempunyai lahan di beberapa lokasi yang berbeda anda bisa menghindari kerugian jika salah satu lahan anda mengalami gangguan alam anda masih bisa menutupi dari keuntungan dari lahan yang lain. Anda juga bisa memilih jenis buah naga yang lebih cocok dan tumbuh lebih baik di masing-masing lahan anda dengan kondisi tanah yang berbeda. Misalnya buah naga jenis kuning akan tumbuh lebih baik di dataran tinggi daripada lahan yang berada didataran rendah / pantai.

Uraian di atas adalah kondisi lahan yang paling bagus dan ideal, tetapi anda tidak harus memenuhi 4 hal diatas untuk sukses membudidayakan buah naga. Tanaman buah naga pada dasarnya bisa tumbuh di kondisi lahan apapun selama memperoleh sinar matahari secara penuh, bahkan dari beberapa keterangan yang saya dapatkan, tanaman buah naga juga bisa tumbuh dengan baik pada lahan gambut. Anda masih bisa menyiasati keterbatasan-keterbatasan lahan yang anda miliki dengan berbagai tindakan. Semoga Bermanfaat

(bersambung)

0 comments: