Treatment Buah Naga Supaya Cepat Berbuah

Artikel ini adalah penjelasan dari artikel "Hanya 2-3 bulan sudah berbuah" , sekaligus menjawab berbagai macam pertanyaan yang intinya adalah tanaman buah naga yang sudah ditanam lama dan sudah dilakukan berbagai macam perlakuan tetapi tidak kunjung berbunga dan berbuah. Sebenarnya pemberian pupuk ada dua tujuan yaitu mempercepat pertumbuhan / tunas baru dan mempercepat tanaman untuk berbunga dan berbuah. Berikut ini perbedaan penanganannya dan hasilnya :

1. Buah Naga Cepat Tumbuh Tunas dan Panjang
Penanganan tanaman buah naga supaya cepat tumbuh tunas baru dan memanjang, dibutuhkan ketersediaan unsur N yang tinggi, jika anda menggunakan pupuk kandang, maka jenis yang paling tepat adalah yang berasal dari kotoran ayam. Bagi anda yang menggunakan pupuk kemasan, pilihlah pupuk yang memiliki unsur N lebih tinggi dari P dan K. Penanganan ini akan menghasilkan batang yang cepat tumbuh memanjang dan tumbuh tunas baru yang lebih cepat, warna terlihat lebih muda dan diameter batang akan lebih kecil dibandingkan batang buah naga yang di beri unsur P lebih tinggi dari N nya. Metode ini cocok digunakan dalam perbanyakan bibit atau pada tanaman buah naga dewasa setelah musim buah habis.

2. Bibit Cepat Berbunga dan Berbuah
Penanganan bibit supaya cepat "tua" (cepat berbunga dan berbuah) dibutuhkan suplai unsur P yang lebih tinggi dari unsur N, kalau anda menggunakan pupuk kandang, jenis yang paling bagus yang berasal dari kotoran kambing. Perlakuan ini akan menghasilkan batang yang berwarna hijau lebih gelap dan diameter batang akan lebih besar dari batang yang diberi unsur N lebih tinggi dari P nya. Metode ini cocok bagi budidaya buah naga di dalam pot atau pada budidaya buah naga dewasa pada masa berbuah tiba.

Berikut ini contoh gambarnya :
- Pada bibit, lebih baik langsung ditanam pada bedengan pada lahan seperti gambar di bawah ini, berikan pupuk kandang kotoran kambing secara merata pada bedengan :

pemupukan buah naga

- Pada model Tabulampot (Tanaman Buah Dalam Pot), ini wajib dilakukan karena yang dibutuhkan adalah tanaman buah naga yang berukuran kecil tetapi sudah berbuah.

buah naga

- Pada tanaman dewasa, ini wajib dilakukan untuk menyambut musim buah tiba, dilakukan bersamaan dengan pemangkasan buah naga.

buah naga


Keterangan :
- Anda bisa menggunakan jenis pupuk apa saja, yang dibutuhkan adalah anda tahu betul kandungan unsur-unsurnya.
- Jika anda menggunakan pupuk kandang, pastikan pupuk kandang sudah matang / kering, akan lebih baik lagi jika di fermentasi lebih dulu.


Sederhananya untuk membuat tanaman buah naga dapat berbunga dan berbuah adalah :

1. Media tanam tidak terlalu padat (tidak lama menyimpan air)
2. Mendapat sinar matahari yang cukup.
3. Pemupukan yang tepat (penjelasan di atas)
4. Pemangkasan untuk mencegah cabang terus tumbuh dan munculnya tunas baru.
5. Sulur tidak terlalu rimbun, sehingga sulur atas tidak menutupi sulur pada bagian bawah dari sinar matahari.

Jika 5 hal tersebut terpenuhi, tanaman buah naga anda pasti akan berbunga dan berbuah dengan baik. Semoga Bermanfaat.

Bagi anda yang belum tahu fungsi unsur hara makro N-P-K, bisa anda baca di sini.

1 komentar:

  1. Dari Owang di Lombok NTB.
    Kalau pohonnya baru berbuah satu kali apa bagus untuk dijadikan bibit dan apakah yang dijadikan bibit itu cabangnya yang sudah berbuah atau boleh juga cabangnya yang belum berbuah?

    BalasHapus