Bagaimana Pemasaran Buah Naga di Indonesia?

pemasaran buah nagaDi Indonesia, sekarang ini buah naga mulai dikenal seluruh lapisan masyarakat, berbeda dengan beberapa tahun lalu yang terbatas hanya ada di Toko Swalayan / Supermarket besar dan hanya kalangan menengah ke atas yang mengonsumsinya. Sekarang ini buah naga sudah banyak tersedia di pasar-pasar tradisional dengan berbagai jenis dan banyak dibeli oleh kalangan masyarakat menengah ke bawah.

Buah naga juga mulai umum di jumpai di restoran/rumah makan, cafe dan sebagainya dengan berbagai bentuk olahan seperti minuman jus buah dan sebagai makanan pencuci mulut. Saat ini, buah naga juga mulai diolah menjadi bentuk lain diantaranya permen, sirup, minuman fermentasi, keripik buah dan masih banyak lagi.

Beberapa pembaca blog saya banyak yang ragu untuk memulai membudidayakan buah naga dikarenakan pemasarannya yang dianggap sulit dan permintaan yang belum besar dan meluas diseluruh Indonesia. Perlu diketahui, sekarang ini sebagian besar persediaan buah naga dipasaran masih mendatangkan impor dari luar negeri. Berarti produksi pekebun di dalam negeri belum mencukupi permintaan pasar yang sangat besar dan peluang usaha dari bisnis budidaya buah naga masih terbuka lebar.

Pemasaran buah naga jalurnya sangat sederhana, yaitu produksi dari pekebun diambil oleh pedagang/toko buah segar/supermarket dan langsung di pasarkan ke konsumen. Lalu bagaimana cara memasuki pasar buah naga jika anda masih terhitung dalam bisnis ini?

Pada dasarnya, bisnis buah naga juga tidak berbeda dengan bisnis buah konsumsi lainnya, jika anda masih baru dan belum banyak memiliki jaringan pemasaran buah, anda harus mendatangi dan menawarkan kepada toko-toko buah, supermarket, pedagang-pedagang di pasar tradisional, atau anda bergabung di asosiasi atau paguyuban-paguyuban petani buah naga. Jika anda sudah memiliki populasi tanaman buah naga yang cukup besar, dengan sendirinya para pedagang akan datang dan bersaing harga dengan pedagang lainnya.

Menurut saya, pemasaran buah naga sekarang ini sangat mudah dan tidak perlu dikuatirkan. Yang harus lebih dipikirkan adalah meningkatkan pola budidaya yang bagus untuk menghasilkan kualitas buah untuk memenuhi syarat ukuran buah yang diminta pedagang yang sudah saya jelaskan disini.

Para pekebun buah naga sekarang ini biasanya hanya mengejar kuantitas tanpa meningkatkan kualitas buahnya, jumlah panen buah memang banyak, tetapi ukurannya kecil-kecil sehingga banyak ditolak para pedagang buah naga, atau dibeli dengan harga yang rendah untuk dilempar ke pasar tradisional. Para pekebun banyak yang tidak melakukan seleksi kuntum bunga, pada satu sulur sering dibiarkan tumbuh buah yang berdekatan dan satu sulur dibiarkan tumbuh lebih dari tiga buah yang sudah saya jelaskan disini.

Anda juga bisa mempromosikan produksi anda di media/majalah pertanian atau melalui internet seperti yang sudah saya lakukan. Ya, intinya memasarkan buah naga tidak jauh berbeda dengan cara memasarkan buah jenis lain. Jadi, bagi anda yang masih ragu memulai bisnis ini, anda bisa melakukan survey di berbagai supermarket, pasar tradisional atau bertanya pada pekebun buah naga yang sudah banyak tersebar di seluruh Indonesia. Dan anda bisa lihat dipasaran, sebagian besar buah naga yang dijajakan masih dari impor luar negeri.

Semoga Bermanfaat.

7 komentar:

  1. toko buah atau supermarket di samarinda butuh surat penawaran untuk memasarkan buah naga.bisa minta tolong ga mas cara buat surat penawaran atau saya minta contohnya via email anda.smd@gmail.com.thanks

    BalasHapus
  2. Foto di atas buah naga jenis merah/super red? Ada perbedaan gambar di atas dan di bawah, apakah yg di atas merah bawah super red atau hitam mas?

    wawan

    BalasHapus
  3. Bukan pak wawan, yang atas jenis daging Putih, yang bawah Super Red.

    BalasHapus
  4. mohon penjelasan, mas: 1) kalau tiang beton dimasukkan ke dlm pot, pot bisa sempit/pecah. dengan apa menempelkan tiang di dasar pot? 2) kalau saya pesan bibit hanya sepuluh boleh gak? termks

    BalasHapus
  5. 1. Ya tiangnya dulu dimasukkan baru diisi tanah. Kenapa harus menempel pada pot? Goyang dikit juga ga apa2 kan?

    2. Boleh, kan udah ditulis minimal pemesanan 10 batang...

    BalasHapus
  6. mas mo tanya, apakah cabang /sulur yg ke2 tidak melengkung ke bawah tidak bakalan keluar bunga atau buah? apakah perlu dipotomg pada bag. ujungnya? mohon penjelasannya n thanks

    BalasHapus
  7. aku akan merintis, tanam buah naga di lahan sawah kira-kira luasnya 2500m2, hasilnya nanti tolong dibantu pemasarannya ya mas, 08562666257.

    BalasHapus