Logika Sederhana Memahami Buah Naga

Kali ini saya akan mencoba menulis cara memahami seluk beluk budidaya buah naga maupun bisnisnya dengan logika sederhana, mungkin saja dengan membaca ini anda bisa lebih paham buah naga daripada membaca tulisan-tulisan saya yang panjang lebar mengupas buah naga sebelumnya. Saya akan mencoba memberikan logika-logika sederhana dari sudut pandang orang awam (bukan petani/pekebun/pakar), kalau anda ingin menambahkan silahkan saja.

Jika : Perbanyakan tanaman buah naga umumnya dilakukan dengan cara STEK (bukan cangkok, semai benih dll).
Logika : Berarti tanaman buah naga adalah tanaman yang mudah perawatannya dan sulit mati (dipotong, ditanam, tumbuh akar jadi deh.)

Jika : Tanaman buah naga termasuk jenis kaktus
Logika : Berarti tanaman buah naga tanaman tahan panas dan tidak butuh banyak air, berarti bisa hidup di lahan gersang dan tandus, berarti tanaman ini sangat tergantung dengan sinar matahari.

Jika : Terdapat lapisan lilin pada tanaman buah naga
Logika : Berarti tanaman buah naga termasuk tanaman yang tahan berbagai serangan hama dan penyakit. Lebih tahan banting daripada tanaman yang tidak memiliki lapisan lilin.

Jika : Tanaman buah naga terserang hama dari jamur, maka diobati dengan fungisida. jika tanaman diserang sejenis serangga, maka ditangani dengan insektisida.
Logika : Berarti anda harus mengenali hamanya dulu sebelum menanganinya, serangan jamur tidak mungkin sembuh kalau anda beri insektisida atau sebaliknya. Dapatkan anda mengobati penyakit PANU dengan memberi Baygon?

Jika : Tanaman buah naga terserang hama atau penyakit yang cepat penyebarannya
Logika : Berarti cara terbaik adalah menghentikannya, bukan mengobatinya. Potong dan bakar tanaman yang terserang adalah solusinya. Jika ada orang terserang kanker ganas, jalan terbaik adalah menghentikannya dengan operasi/diangkat, kalau mengandalkan pengobatan biasa atau terapi, bisa duluan dicabut nyawanya hehehe....

Jika : Tanaman buah naga sudah berbunga lebat dan sehat, tetapi akhirnya rontok dan gagal menjadi buah.
Logika : Berarti penyerbukan gagal (tidak terjadi perkawinan serbuk sari dan putik dengan baik) bukan karena kurang pupuk atau unsur apa lah. Tumbuhnya bunga dengan baik dan bagus berarti unsur-unsur yang dibutuhkan untuk berproduksi sudah terpenuhi. (Maaf) Jika seorang wanita sudah mengalami menstruasi, berarti sudah memenuhi syarat-syarat untuk hamil/berproduksi, jika sel telur akhirnya gugur berarti tidak berhasil di buahi. Kekurangan nutrisi/unsur berpengaruh pada jumlah dan ukuran buah yang di hasilkan, sama saja dengan kekurangan gizi hanya berpengaruh pada kualitas ibu dan bayi nantinya, masalah sel telur di buahi atau tidak bukan masalah kurang gizi bukan?

Berbeda kalau bunga rontok sebelum mekar sempurna (waktu penyerbukan), ini mungkin ada gangguan hama atau ada unsur yang belum terpenuhi dengan baik.

Jika : Buah Naga mengandung kadar air tinggi (hampir 90% dari buahnya)
Logika : Berarti pada saat perkembangan bunga menjadi buah, tanaman ini membutuhkan lebih banyak air, berarti penyiraman harus lebih sering dilakukan

Jika : Buah naga terbukti sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia
Logika : Berarti semakin buah naga di kenal luas, tentu saja permintaan buah naga akan semakin besar dan selalu dibutuhkan karena bermanfaat untuk kesehatan dan pengobatan.

Jika : Buah naga selalu tersedia dipasaran sepanjang tahun
Logika : Berarti sudah banyak pekebun yang berhasil membuahkan buah naga sepanjang tahun tanpa mengenal musim buah.

Jika : Pertumbuhan tanaman ini bisa mencapai 2 cm setiap harinya
Logika : Berarti anda sudah untung hanya dari menjual bibitnya, jika anda punya 1000 potongan bibit sepanjang 10cm, maka anda tinggal menunggu 10 hari untuk memiliki bibit siap jual dengan panjang 30cm bukan?

Jika : Buah naga sekarang ini masih relatif mahal harganya
Logika : Pekebun buah naga pasti besar keuntungannya, tetapi... tentu modalnya besar juga bukan?

Jika : Buah naga yang ada dipasaran kebanyakan berasal dari impor
Logika : Berarti peluang bisnis ini masih terbuka lebar, berarti produksi petani lokal belum bisa memenuhi kebutuhan pasar, berarti pemasarannya juga mudah karena permintaan lebih besar dari penawaran. Okey?

Jika : Blog saya masih online dan saya semangat menulis artikel buah naga.
Logika : Berarti saya puas dengan keuntungan bisnis buah naga ini, kalau tidak puas pasti saya tidak semangat lagi menulis artikel lagi atau mengurusi blog saya ini.


Jika : Setelah membaca tulisan ini anda manggut-manggut dan membuka pikiran anda bahwa budidaya buah naga itu mudah dan bisnisnya jelas menguntungkan.
Logika : Harusnya anda segera membulatkan tekad untuk memulai bisnis buah naga, dan segera membeli bibit buah naga dari saya tentunya, hehehe.....

17 komentar:

  1. Ass.wr.wr...dr mulai ditanam sp berbuah memakan wkt brp lama??Sy br memulai ada ditanam ditanah ada ditanam di pot..trmksh ..wassalam.

    BalasHapus
  2. Wa'alaikumsalam, tergantung panjang bibitnya. kalau bibit 30cm butuh waktu 10-12 bulan. Thanks

    BalasHapus
  3. Wah..... wah kali ini tulisan nya berbeda dari edisi-edisi sebelumnya, yg lebih banyak membahas masalah teknis, kali ini benar2 simple dan membuka wawasan dng cara yg simple pula, GOOD JOBs....I like it....., kata Rianty.... teruskan Mas Deka, berkarya utk negeri, nambahin ntar aja, kayaknya dah cukup lengkap isi bahasannya....

    Salam sukses

    Wawan Suwandi
    Kaltim

    BalasHapus
  4. Hehe... Terima kasih Pak wawan, mohon maaf maaf kalau bahasanya amburadul tidak pakai tata bahasa yg bener... tetapi semoga tetep bermanfaat... Salam

    BalasHapus
  5. biasaynya hama apa yang sering mengganggu tanaman buah naga tersebut?
    soalnya, tanaman buah naga ditempat saya (riau) selalu terkena penyakit. mohon solusinya..

    BalasHapus
  6. mas, mau ty nich :
    1. mengapa bunga buah naga (buah naga merah) yang bertahan hingga mekar hanya 50% dari putik yang muncul? apakah ada obat atw cara agar bunga bertahan hingga mekar dan menjadi buah.
    2. bunga buah naga hitam mekar, namun gugur dan belum pernah menjadi buah. padahal sudah ada penyerbukan, baik secara alam (oleh lebah/serangga) maupun bantuan manusia.
    Hellen - Babel

    BalasHapus
  7. @Hellen :
    1. Bisa disebabkan kurang unsur K (Kalium), beri pupuk dengan unsur P dan K lebih tinggi dari N.
    2. Yakin penyerbukan udah baik? gugurnya sebelum mekar atau sesudah mekar sempurna? jika sesudah mekar gugurnya, berarti penyerbukan tidak berhasil

    BalasHapus
  8. apakah cocok untuk di tanam di bekas area persawahan

    BalasHapus
  9. @sadek : buah naga bisa ditanam lahan tandus sekalipun, karena buah naga ini adalah tanaman gurun yang hanya butuh sinar matahari cukup. kebun saya juga di bekas persawahan.

    BalasHapus
  10. pada saat perkembangan bunga mnjd buah membutuhkn air lebih banyak dan harus sering disiram, kalau didaerah tandus yang sulit akses air berarti daerah itu tidak cocok dong untuk tanaman buah naga?

    BalasHapus
  11. Biasanya kalo yg sibuk dengan bisnis/perkebunan mereka hanya punya waktu sedikit untuk ngurusin blog. kecuali yg bisnisnya memang tergantung dari online misalnya jual bibit online :) IMHO

    BalasHapus
  12. @devi : ya tetap hidup tanamannya, cuma kualitas buahnya akan menurun, penyiraman juga nggak terlalu banyak seperti tanaman lain, masih untung meskipun harus beli air untuk penyiraman.

    @Hun : Nggak juga, banyak pekebun sukses yang kerjaannya cuma jalan-jalan cari informasi dan pemasaran. semua dikerjakan anak buah, beliau-beliau tinggal me-manage perawatan dan pemasaran aja. Jual online juga lebih mudah, ada jejaring sosial dan bermacam2 gadget untuk mengurusnya. Tergantung personalnya aja...

    BalasHapus
  13. mas, saya ada lahAn.. tapi daerah gunung (suhu dingin) apakah bisa???

    BalasHapus
  14. bisa, selama dapat sinar matahari. jenis kuning lebih cocok di dataran tinggi...

    BalasHapus
  15. setelaha saya baca2 blognya mas Deka..tertarik juga..sebagai pemula apa yg hrs saya lakukan jika ingin bertanam buah naga ini .... sepertinya modalnya mahal ya..

    BalasHapus
  16. ngomong2, jenis apa aja yang tersedia ?

    BalasHapus
  17. permisi
    assalamualaikum

    kalo di tanam di tanah merah (tanpa campuran pupuk kandang) bisa hidup gak buah naganya??
    tanah merah di ane kalo kena air agak2 lengket gitu,, suka nempel di sandal

    terimakasih

    BalasHapus