Mengenal Tanaman Putsa ( Apel India )

apel putsaSudah hampir dua tahun ini saya mempunyai pohon Apel Putsa yang disebut juga Apel India yang mempunyai nama latin Ziziphus Mauritiana Lam. Selama itu pula, saya mencoba mengenali dan memahami karakteristik tanaman ini dan apakah tanaman ini bisa dijadikan peluang usaha yang menguntungkan atau tidak.

Kesimpulan yang saya dapatkan, tanaman ini adalah tanaman tropis atau tanaman yang tahan panas, relatif mudah perawatannya dan masih terhitung jarang yang membudidayakannya di Indonesia. Berikut ini foto-foto buah, daun, bunga, dan kayu dari putsa atau apel india :

Apel India Apel India

Apel India Apel India


Dan saya yakin, kedepannya budidaya apel putsa atau apel india ini sangat menjanjikan dan menguntungkan, berikut ini penjelasannya :

1. Tanaman ini tanaman tropis (tahan panas), saya tanam dilahan sama dengan buah naga saya, ternyata tumbuh sehat dan bagus tanpa ada gangguan berarti. Jadi, tanaman ini bisa dibudidayakan di semua wilayah Indonesia umumnya.

2. Tanaman ini tidak mengenal musim untuk berbuah, tanaman ini berbuah sepanjang tahun dan menghasilkan buah yang produktif, enak rasanya (bahkan buah muda pun rasanya tetap manis dan renyah).

3. Tanaman ini tahan hama dan penyakit, seperti tanaman tahan panas lainnya, tanaman ini tidak terlalu membutuhkan perawatan yang ribet dan tahan terhadap gangguan hama dan penyakit.

4. Tanaman ini masih jarang dibudidayakan di Indonesia, dan ini merupakan peluang yang bagus jika anda membudidayakannya sejak sekarang (mendahului pekebun lain), sama halnya ketika saya pertama kali menanam buah naga, banyak orang yang mencibirnya, tetapi sekarang mereka kaget dengan keuntungannya.

5. Tanaman ini cocok untuk tabulampot, seperti terlihat foto di atas, buah apel india ini tumbuh banyak baik bunga dan buahnya secara menggerombol dan tumbuh terus menerus. Anda bisa menjual tanaman ini dalam bentuk tabulampot.

6. Harga jual baik bibit dan buah Apel Putsa (apel India) ini masih bagus dan jarang tersedia di pasaran, saya sendiripun sedang berusaha menjalankan bisnis dan budidaya ini, semoga kedepannya berkembang bagus dan menguntungkan.

7. Perbanyakan bibit yang mudah, umumnya diperbanyak menggunakan cara stek, sambung dan pertumbuhannya juga cepat besar.

Untuk artikel budidayanya seperti pemupukan, pemangkasan, penjarangan, dan perbanyakan bibit akan saya tulis di posting selanjutnya.

Klasifikasi Apel Putsa (Apel India )

  • Kingdom : Plantae
  • Subkingdom : Tracheobionta
  • Superdivisio : Spermatophyta
  • Divisio : Magnoliophyta
  • Kelas : Magnoliopsida
  • Sub-kelas : Rosidae
  • Ordo : Rosales
  • Familia : Rosaceae
  • Genus : Pyrus
  • Spesies : Pyrus malus L

Semoga Bermanfaat.

3 komentar:

  1. Sangat menarik informasinya,jadi tdk sabar menunggu postingan berikutnya mengenai Apel India....

    Wawan

    BalasHapus
  2. Dimana saya bisa mendapatkan bibit tanaman ini ?

    BalasHapus
  3. khasiat'a apa???????

    BalasHapus