Tutorial Penyerbukan Manual Buah Naga + Video

Di artikel sebelumnya tentang video penyerbukan manual buah naga yang saya ambil dari video orang lain dari Youtube, dan ternyata masih banyak yang kurang puas dan kurang bisa memahami cara penyerbukan manual buah naga, kali ini saya akan menunjukkan video cara menyerbukan bunga buah naga buatan saya sendiri dan saya buat dengan gerakan perlahan supaya lebih mudah di ikuti dan di mengerti.

Pada video dibawah ini, seperti yang saya katakan sebelumnya bahwa sebenarnya penyerbukan bunga buah naga dengan menggunakan kuas sebenarnya sangat mudah dilakukan. Untuk lebih jelasnya silahkan anda buffer dulu video di bawah in :



Beberapa hal yang perlu anda ketahui adalah :

1. Waktu terbaik untuk melakukan penyerbukan adalah ketika mahkota bunga sudah mekar sempurna. Penyerbukan sebelum bunga mekar kurang bagus hasilnya, lebih baik dilakukan saat bunga sudah mekar beberapa waktu ( kuntum bungan mulai menutup ) hasilnya lebih bagus daripada diserbukkan sebelum bunga mekar sempurna.

2. Hati-hati saat mengoleskan serbuk sari pada putik, jangan sampai tangkai putik patah akibat gerakan yang terlalu keras. Ini akan menyebabkan gagalnya penyerbukan.

3. Bagi anda pemula, sebaiknya menggunakan kuas bersih dan kering untuk mengoleskan serbuk sari ke putik. Meskipun bisa dilakukan dengan jari tangan, tetapi tangan yang berkeringat, basah, atau tidak bersih bisa mengakibatkan gagalnya penyerbukan.

4. Untuk kuntum bunga yang menghadap keatas, setelah anda melakukan penyerbukan sebaiknya di beri kerodong untuk mencegah terkena air hujan langsung, meskipun banyak juga yang tidak dikerodong,penyerbukan tetap berhasil.

5. Serbuk sari bisa digunakan untuk di oleskan pada putik bunga lain, biasanya dilakukan untuk penyilangan dua jenis buah naga.

Semoga Bermanfaat.

2 komentar:

  1. koko yogyakarta20 Desember 2011 12.11

    Terima kasih dan saya yakin artikel ini sangat bermanfaat sgra akan saya coba,matur nuwun

    BalasHapus
  2. Tank,s atas info artikel yg amat baik ini shg sy bsa thu dan mengerti skrng ttg cara penyerbukan secara manual, soalnya mngkin udah 5 kali berbunga lbat ttp sllu rntok sy mngira penyerbukannya secara alam mlalui serangga...ok tank,s banget and smoga sukses dlm usaha perkebunan Dragon Fruit.

    BalasHapus