Seri Budidaya Buah Naga di Kebun (1)

Sekarang ini, saya sedang membuka lahan baru untuk budidaya buah naga di kebun menggunakan lahan persawahan. Jadi bagi anda yang mempunyai lahan persawahan yang tidak produktif atau sangat tandus sekalipun, jangan takut untuk memulai membudidayakan buah naga. Dan saya akan mencoba menulis untuk berbagi dengan anda bagaimana saya membudidayakan buah naga di kebun dari awal pembukaan lahan sampai masa panen nantinya.

Seperti foto dibawah ini, saya menggunakan lahan persawahan yang tadinya saya tanami buah pepaya. Lahan saya ini termasuk lahan yang kurang produktif dan saya akan mencoba untuk budidaya buah naga di lahan yang tidak bagus jika ditanami tanaman buah lainnya.

buah naga

Berikut ini adalah langkah-langkah budidaya buah naga di kebun :

1. Pembuatan Tiang Panjatan

Saya menggunakan model tiang panjatan tunggal, dimana satu tiang berisi 4 batang tanaman buah naga. Bagi anda yang menggunakan model panjatan yang lain tidak masalah,karena masing-masing model panjatan mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk ukurannya saya menggunakan tiang sepanjang 160 cm (1,6 mtr)) dengan ukuran sisi-sisinya (bujur sangkar) 10-15 cm seperti gambar di bawah ini.

buah naga

Jika dihitung biaya pembuatan tiang cor ini rata-rata tiap batangnya membutuhkan biaya sebesar Rp. 20-25 ribu. Untuk komposisi materialnya terserah anda, yang penting cukup kuat untuk menyangga buah naga dan tahan dari panas dan hujan.

Berikutnya adalah memasang tiang panjatan di lahan yang sudah disiapkan, saya menggunakan jarak tanam 2 mtr x 2,5 mtr seperti pada gambar skema dibawah ini

buah naga

Tiang setinggi 160 mtr seperti yang sudah saya sebutkan di atas ditanam didalam tanah sedalam 50cm, jadi yang tersisa diatas permukaan tanah adalah 100-110 cm. Selanjutnya adalah memasang penyangga cabang di tiang bagian atas, saya menggunakan ban bekas (anda juga bisa memakai bahan lain seperti besi,kayu, atau cor juga yang menyatu pada tiang panjatan).



(bersambung)

18 komentar:

  1. Salam sukses....., Mas Deka sekarang ada kecenderungan penanaman buah naga menggunakan turus/tiang penyangga yg lebih rendah (1,5-2 mtr) dari banyak rekomendasi sebelum nya (2-2,5mtr. Untuk jangka pendek, dari sisi perawatan memang lebih memudahkan. Dari sisi produktivitas, baik kualitas maupun kuantitas apakah ada perbedaan?? Dan untuk jangka panjang, mengingat umur tanaman ini bisa sampai 20an thn, tingkat kelembaban, sirkulasi udara (tentunya tiap daerah berbeda)apakah akan mempengaruhi kesehatan tanamam ??
    Terima kasih...

    Wawan

    BalasHapus
  2. Mas Deka pada photo di atas, buah naga ditaman bersamaan dengan pepaya, apakah ditumpang sari atau tanaman pepaya hanya sementara saja?

    wawan

    BalasHapus
  3. pohon pepaya nantinya saya potong semua, itu sengaja saya biarkan dulu untuk contoh bahwa saya menanam buah naga di areal persawahan bekas lahan pepaya.

    BalasHapus
  4. menurut saya pribadi,tidak ada perbedaan produktivitas antara tiang tinggi dan pendek. kalau kualitas iya, tiang pendek lebih manis buahnya, lebih besar buahnya, lebih mudah perawatan dan panennya. yang harus diperhatikan adalah panjang sulur produksinya, jika tiang tinggi sulur produksi bisa 1 mtr lebih, tiang pendek ini maksimal 70 cm saja,karena jika terlalu dekat dengan tanah resiko serangan jamur pada buah lebih besar. kesimpulannya, tiang pendek lebih bagus dari tiang tinggi.

    BalasHapus
  5. Salam..
    Apakah menanam buah naga ini membutuhkan tanah yg luas?
    Misal di pekarangan rumah apakah bisa?
    Makasih..

    BalasHapus
  6. oyah sayah mau tayak untuk peroduksi...........
    g mana kita un pemasaran yah

    BalasHapus
  7. mas gimana kalo tanam buah naga ditanah merah ...?

    BalasHapus
  8. nggak masalah, bagus2 aja. yang penting dapat sinar matahari..

    BalasHapus
  9. ijin nyimak gan,buat tambah ilmu

    makasih ya buat infonya gan

    BalasHapus
  10. keren juga usaha agro nya, perlu belajar neh

    BalasHapus
  11. jekyekasulita@yahoo.co.id6 April 2012 16.00

    berapa modal pertama untuk bk lhn buah
    naga

    BalasHapus
  12. di tunggu update selanjut nya

    BalasHapus
  13. Terima kasih sahabat atas berbagi informasi dan juga pengetahuannya ini

    BalasHapus
  14. Right! mas gimana kalo tanam buah naga ditanah merah ...?

    BalasHapus
  15. @Itender : tanah merah juga bagus, bahkan sudah banyak pekebun yang sukses dilahan gambut..

    BalasHapus
  16. Ada langit ada pohoon .. ada pohon ada tanah.tulisan saya kagak nyambung #halah...salam kenal kang..

    BalasHapus
  17. wiliam axl rose8 Mei 2012 15.54

    assalamualaikum, kang,
    sudah bnyak artikel kang mas yg sy kunjungi ,tpi stiap sy tanya kok g dijawab yaw, ,w,w,w,,, ok, pertanyaan sy adlah, dalam google,sy menemukan gambar tanaman buah naga di dalam pot, dgn tunas yg baru tumbuh, tpi sudah berbuah, , , ,sya pun heran, , , lha gimana caranya kok bisa begitu,,.?

    BalasHapus
  18. Wa'alaikumsalam, pertanyaan yang mana dan dihalaman mana ya? maaf kalau gak sempat saya jawab. untuk pertanyaan diatas bisa lihat gambarnya?

    BalasHapus