Tutorial Perbanyakan Buah Naga dengan Biji

biji buah nagaPerbanyakan buah naga umumnya dilakukan secara vegetatif/stek karena cara ini lebih cepat dan bibit yang dihasilkan sama persis dengan tanaman induknya. Selain itu, bisa dilakukan dengan cara generatif (dengan biji) yang biasanya hanya dilakukan dalam proses penyilangan untuk memunculkan jenis baru yang dihasilkan dari dua jenis tanaman induk.

Nah, karena sudah banyak yang menanyakan cara perbanyakan buah naga dengan biji, kali ini saya akan menjelaskan langkah-langkahnya. Gambar-gambar yang saya gunakan ini bukan milik saya, tetapi saya dapatkan dari beberapa situs luar negeri yang membahas tentang buah naga.

1. Langkah pertama adalah memisahkan biji dari daging buah, seperti gambar dibawah ini anda bisa menggunakan saringan teh untuk memisahkan biji dari daging buahnya. Pastikan bahwa biji buah naga benar-benar bersih dari daging/lendir buah naga. Anda bisa menggunakan kertas tisu, kapas untuk membersihkan biji buah naga.

perbanyakan buah naga

2. Selanjutnya adalah menyiapkan tempat penyemaian, anda bisa menggunakan kapas atau kertas tisu yang dibasahi dengan air, atau menggunakan media lain yang bisa menyimpan air misalnya serbuk kayu, tanah dan kompos dll. lalu letakkan biji-biji tersebut ditempat penyemaian. kemudian tutup dengan plastik supaya air tidak cepat menguap. Jika tidak ditutup, anda harus menjaga kelembaban media semai dengan melakukan penyiraman untuk menjaga media semai tetap basah.

semai biji buah naga

3. setelah 3-4 hari biji mulai tumbuh kecambah dan muncul daun seperti gambar di bawah ini

biji buah naga tumbuhsemai buah naga


Dibawah ini foto-foto step-by-step perbanyakan biji buah naga didalam botol yang dilakukan pengguna Flickr yang bernama adalmoro yang patut di coba :

perbanyakan generatif

Dan ini adalah beberapa foto biji yang sudah tumbuh dari adalmoro juga :

buahnagabuahnaga

buahnagabuahnaga


Dan dibawah ini adalah video yang menjelaskan cara perbanyakan bibit buah naga menggunakan biji dari Youtube.



Sumber foto : mostlymaths.net, flickr.com, flickeflu.com .

0 comments: