7 Bisnis Besar Para Miliarder Indonesia


Dari data yang dilansir Forbes, ada beberapa bisnis yang membuat orang-orang Indonesia menjadi kaya raya. Orang-orang terkaya di Indonesia mengumpulkan pundi-pundi hartanya dari berbagai bisnis berskala besar. Mulai dari bisnis sektor minyak, properti, pertambangan hingga bisnis maskapai penerbangan. Hanya saja, untuk bisnis pertambangan tahun ini mengalami kendala seiring dengan anjloknya harga komoditi batu bara.

Berikut ini 7 bisnis yang dijalankan oleh orang-orang terkaya Indonesia seperti dilansir Majalah Forbes :

1. Rokok 
Dari sekian banyak pebisnis yang bergerak di industri rokok, ada tiga nama yang masuk dalam daftar 40 orang terkaya di Indonesia versi Majalah Forbes. Bahkan, salah satunya didaulat sebagai orang yang paling kaya di Indonesia. Adalah Budi dan Michael Hartono, pemilik Grup Djarum. Tidak hanya Hartono bersaudara, ada pula Susilo Wonowidjojo yang menjadi miliarder berkat bisnis rokok. Dia adalah pemilik Gudang Garam. Nama yang lain adalah Putra Sampoerna.

2. Minyak sawit 
Kelapa sawit dan minyak sawit merupakan produk ekspor terbesar Indonesia yang diperdagangkan di pasar internasional. Tidak heran jika banyak miliarder lahir dari ketekunan dan kerja keras dalam menjalankan bisnis berbasis komoditi ini. Dari data orang-orang terkaya Indonesia yang dilansir Majalah Forbes, ada beberapa miliarder yang sukses berbisnis sawit. Sebut saja orang terkaya nomor dua di Indonesia Eka Tjipta Widjaja yang menjalankan bisnis sawit keluarga. Dia adalah pendiri Sinar Mas Group. Ada pula Ciliandra Fangiono yang juga menjalankan bisnis sawit keluarga. Dia dan keluarga memiliki 85 persen saham perusahaan pengelola kebun kelapa sawit First Resources. Kemudian ada nama Martua Sitorus. Dia adalah pendiri Wilmar Internasional yang salah satu anak perusahaannya memproduksi minyak goreng bermerek Sania. Ada pula taipan Lim Hariyanto Wijaya yang sukses memanfaatkan peluang bisnis sawit.

3. Properti dan real estate 
Beberapa nama pebisnis properti dan real estate kini masuk jajaran orang-orang terkaya di Indonesia versi Majalah Forbes. Adalah taipan Ciputra yang telah berbisnis properti selama bertahun-tahun. Tahun ini, Ciputra menjadi orang terkaya nomor 24 di Indonesia. Beliau dikenal sebagai pengusaha properti yang sukses, antara lain pada Jaya Group, Metropolitan Group, dan Ciputra Group. Perumahan mewah Pondok Indah dan Kota Mandiri Bumi Serpong Damai adalah salah satu bukti kedigdayaan Ciputra Group di bisnis properti. Ada pula nama lain yakni Alexander Tedja. Dia adalah pemilik PT. Pakuwon Jati Tbk. Alexander Tedja juga merupakan besan dari Murdaya Poo. Alexander Tedja bukan sosok baru di sektor properti. Pakuwon Jati Group tercatat sebagai satu-satunya perusahaan dari luar Jakarta yang sukses menjadi raja properti di Ibu Kota. Perusahaan properti ini sudah membangun banyak proyek properti seperti perbelanjaan Tunjungan Plaza, pusat perkantoran Menara Mandiri, hotel bintang lima Sheraton Surabaya Hotel & Towers, real estate Pakuwon City yang semuanya itu berlokasi di Surabaya. Di Jakarta, perusahaan properti ini sukses membangun Superblock Gandaria City.

4. Minyak dan batubara 
Indonesia dikenal sebagai salah satu surga sumber batubara dunia. Dan, pebisnis yang sukses menjalankan aktivitas bisnis di sektor minyak dan batubara, kini menikmati hidup sebagai seorang miliarder. Menurut Majalah Forbes, ada beberapa nama miliarder Indonesia yang menjadi orang terkaya dari bisnis tersebut. Sebut saja Theodore Rachmat. Dia berada dalam urutan ke 17 dalam jajaran 40 orang terkaya di Indonesia. Dia adalah salah satu petinggi Adaro Energy. Ada pula nama Garibaldi Thohir. Dia juga dikenal PT.Wahana Ottomitra Multiartha atau biasa orang mengenalnya dengan sebutan PT.WOM, perusahaan yang bergerak di bidang penyedia cicilan pembelian sepeda motor. Selain itu, ada nama Hashim Djojohadikusumo yang mendirikan perusahaan Nations Petroleum dan mengendalikan bisnisnya dari Inggris. Tidak hanya itu, dia juga tercatat sebagai pemilik Tirtamas Group yang bergerak di perbankan dan keuangan (Bank Papan Sejahtera, Bank Pelita, Bank Kredit Asia), industri semen (Semen Cibinong), perkebunan kelapa sawit hingga industri petrokimia (Tuban Petrochemical Industry).

5. Media 
Seiring dengan prospek media yang cukup cerah, pebisnis yang bergerak di bidang media pun akhirnya merasakan keuntungan yang besar. Beberapa pebisnis media tercatat masuk dalam jajaran orang-orang terkaya di Indonesia. Setidaknya, dari 40 orang terkaya Indonesia versi Majalah Forbes, ada tiga nama pebisnis media. Sebut saja 'Si Anak Singkong' Chairul Tanjung yang sukses dengan CT Corps yang menaungi dua media televisi dan satu media online. CT, panggilan akrabnya, kini masuk dalam lima besar orang terkaya di Indonesia. Ada pula pemilik MNC Group Hary Tanoesoedibjo yang memiliki banyak tiga stasiun televisi nasional, beragam media cetak dan media online. Dia ada di urutan 29 daftar orang terkaya di Indonesia. Nama lain adalah Eddy Kusnadi Sariaatmadja pemilik stasiun tv, SCTV.

6. Ritel 
Nama Djoko Susanto tercatat sebagai orang terkaya nomor 20 di Indonesia versi majalah Forbes. Dia sukses menjalankan bisnis ritel yang sudah tersebar di seluruh penjuru Indonesia. Bersama Putra Sampoerna, dia mendirikan Alfa sebagai pusat belanja.Alfamart kini menjelma menjadi toko modern dengan menjual beragam produk yang menjadi kebutuhan masyarakat.Nama lain yang sukses dalam bisnis ritel adalah 'Si Anak SIngkong' Chairul Tanjung. Dia sukses dengan Carrefour Indonesia. Awalnya, sahamnya di Carrefour Indonesia hanya 40 persen. Belakangan ini, CT sapaan akrabnya, membeli seluruh saham Carrefour Indonesia. Kini, CT sah menjadi pemilik tunggal Carrefour Indonesia.

7. Maskapai penerbangan 
Salah satu pebisnis yang menikmati keuntungan dari manisnya bisnis penerbangan adalah Kusnan dan Rusdi Kirana. Bahkan, dia menjadi orang terkaya di Indonesia berkat kejelian dan berbagai strategi dalam menjalankan bisnis penerbangan. Tahun ini, keduanya kembali masuk dalam jajaran 40 orang terkaya di Indonesia versi majalah Forbes Indonesia. Kusnan dan Rusdi duduk di peringkat ke 33 orang terkaya di Indonesia. Dia sukses membawa maskapai penerbangan Lion Air semakin terbang tinggi di percaturan bisnis penerbangan nasional setelah secara mengejutkan membeli 230 unit pesawat boeing. Bahkan, penandatanganan pembelian disaksikan langsung oleh Presiden Amerika Barack Obama.

0 comments: