5 Ciri-Ciri Seorang Social Intrapreneur


Ada banyak sekali istilah dalam terminologi bisnis dan leadership, salah satunya adalah intrapreneur dan entrepreneur. Social intrapreneur sendiri adalah istilah yang menjadi kebalikan dari social entrepreneur. Orang-orang social intrapreneur adalah orang-orang yang menggunakan sumber daya dalam sebuah perusahaan tempatnya bekerja untuk menciptakan inovasi dan berbagai terobosan untuk masa depan yang lebih baik.

Inovasi yang dilakukan oleh seorang social intrapreneur disamping mencari keuntungan bagi perusahaan, juga berdampak positif terhadap lingkungan dan masyarakat. Berikut adalah 5 ciri-ciri untuk mengategorikan seseorang sebagai intrapreneur :

1. Selalu penasaran
Banyak orang mengatakan bahwa mendefinisikan sebuah masalah adalah separuh penyelesaian. Para social intrapreneur mampu mendefinisikan masalah dengan baik sebagaimana mampu mencari solusi terbaik untuk mengatasinya, karena mendefinisikan sebuah masalah adalah separuh langkahpenyelesaian. Mereka adalah orang-orang yang tidak takut atau malu untuk bertanya bila memang tidak tahu.

2. Membangun koalisi
Seorang social intrapreneur memiliki keahlian dan kekuatan sosial untuk menggerakkan orang lain dalam lingkungannya. Pengaruh sosial ini digunakan dengan bijak dan tepat untuk menjadikan lingkungan sekitarnya lebih baik melalui integrasi berbagai kekuatan yang ada.

3. Memiliki inisiatif
Seorang social intrapreneur mampu mengetahui kebutuhan dan keinginan pasar. Mereka mampu mengembangkan sebuah produk baru atau mengaplikasikan sebuah inovasi dalam organisasi atau perusahaannya. Social intrapreneur memiliki kemampuan untuk melihat potensi yang tidak diketahui para pendahulunya.

4. Tidak puas dengan status quo
Adanya birokrasi yang rumit dan berbelit-belit dalam perusahaan tidak mampu membuat social intrapreneur surut dan mengundurkan langkah. Ia akan terus maju untuk membuat perubahan yang lebih baik bagi semua orang meskipun terkendala birokrasi perusahaan dan kebijakan korporat.

5. Percaya dan mampu berbuat baik
Orang-orang dengan karakter social intrapreneur tertarik dan terlibat aktif dalam organisasi-organisasi yang memiliki perhatian terhadap aspek dan tanggung jawab sosial. Mereka percaya bahwa perhatian terhadap aspek sosial tidak hanya baik bagi lingkungan, namun juga pada profitabilitas perusahaan.

Source :SocialEarth

0 comments: