5 Kebiasaan Buruk Penggunaan Kartu Kredit


Ada beberapa kebiasaan belanja yang berujung pada pilihan Anda untuk berutang dengan tujuan membayar di lain waktu untuk barang yang Anda beli sekarang. Jika Anda ingin berhenti menciptakan lebih banyak utang dan melunasi semua utang yang Anda miliki, sebaiknya mulai untuk menghilangkanlah 5 kebiasaan buruk berikut ini :

1. Pengeluaran lebih besar dari gaji 
Menghabiskan uang lebih banyak dari jumlah penghasilan itu sangat mudah dan mungkin tidak Anda sadari. Menarik dana dari tabungan, meminjam dari teman dan menggunakan kartu kredit adalah cara-cara menghabiskan uang lebih banyak daripada uang yang Anda miliki. Anda tenang-tenang saja melakukan hal ini selama beberapa minggu atau bulan. Tapi cepat atau lambat, kebiasaan gali lubang Anda akan menenggelamkan Anda. Sebelum Anda sadar, saldo tabungan sudah menipis, kartu kredit mencapai limit dan Anda tidak bisa meminjam uang kemana-mana lagi. Awasi pengeluaran supaya selalu seimbang dengan penghasilan bulanan. Dengan begini, Anda hidup dengan kemampuan Anda, bukan menciptakan utang. Anda harus mengurangi pengeluaran hingga di bawah penghasilan Anda dan gunakan sisanya untuk membayar utang Anda.

2. Menghabiskan uang yang sebenarnya tidak Anda punyai
Mengeluarkan uang lebih besar dari gaji Anda bisa terjadi dengan menggunakan kartu kredit dan mengambil pinjaman. Ketika Anda menggunakan instrumen-instrumen ini untuk membayar tagihan dan melakukan pembelian, Anda sudah menciptakan utang. Jika Anda tidak bisa membayar utang tiap bulan, maka utang itu akan terus tumbuh. Anda bisa mengatasi kebiasaan buruk ini dengan mengurangi pengeluaran dan bergantung sepenuhnya pada gaji Anda untuk membayar kebutuhan Anda.

3. Menggunakan kartu kredit untuk keperluan sehari-sehari 
Anda seharusnya menggunakan uang tunai untuk membeli keperluan sehari-hari seperti belanja rumah tangga, pakaian hiburan dan lain-lain. Kelebihan yang ditawarkan kartu kredit adalah kemampuannya untuk membayar di lain waktu untuk barang yang Anda beli sekarang. Jebakannya adalah kemungkinan Anda untuk membayar tagihan kartu kredit barang yang sudah Anda konsumsi itu kecil. Menggunakan kartu kredit dibanding tunai itu kebiasaan buruk, apalagi saat Anda tidak membayar penuh setiap bulan. Beberapa kartu kredit punya program reward yang memungkinkan Anda mendapat cashback, miles atau poin dengan men-charge lebih pada kartu kredit Anda. Jika anda memilih untuk memaksimalkan pendapatan reward Anda dengan men-charge lebih, sebaiknya Anda hanya charge apa yang akan Anda beli secara tunai dan lunasi segera pembelian itu.

4. Menggunakan kartu kredit padahal membawa uang tunai 
Kebiasaan buruk lainnya adalah memilih kredit daripada menggunakan uang tunai padahal sebenarnya Anda punya tunai. Anda mungkin ingin mendapatkan barang atau jasa tersebut tanpa harus membayarnya hari ini juga. Yang lebih buruk, jika Anda ternyata tidak kunjung ingin membayar pembelian tersebut. Untuk mengubah kebiasaan buruk ini, Anda harus rela membayar apa yang Anda inginkan dengan uang yang Anda hasilkan. Sadarilah jika Anda menunda pembayaran dengan menggunakan kredit, Anda akan berakhir dengan membayar lebih banyak jika Anda menghabiskan stok uang tunai yang dimiliki.

5. Memakai utang untuk bayar utang 
Ketika Anda menggunakan kartu kredit untuk membayar utang kartu lain dan meminta pinjaman untuk melunasi pinjaman lain, berarti Anda tidak melunasi apa pun. Anda hanya memutar-mutar utang dan menciptakan lebih banyak utang baru. Ada biaya transfer dan sebagian besar pinjaman punya semacam DP atau fee. Jadi ketika Anda bayar utang pakai utang, Anda akan semakin buruk saja dibanding sebelumnya. Menggunakan utang untuk bayar utang bisa menguntungkan jika Anda bisa transfer balance dari kartu kredit berbunga tinggi ke kartu yang bunganya lebih rendah. Tapi Anda harus hati-hati karena fee transfer balance tidak menghapus bunga tabungan dan bunga pasca masa promosi tidak lebih buruk dibanding bunga sebelumnya. Transfer balance sekali atau dua kali untuk mengambil untung dari suku bunga yang bagus itu berbeda dengan terus menerus transfer balance untuk menghindari pembayaran kartu kredit.

Source : About.Com

0 comments: