Ir. Ciputra (Raja Property Indonesia)


Nama Lengkap : Ir. Ciputra
Alias :  Tjie Tjin Hoan
Tempat Lahir : Parigi, Sulawesi Tengah
Tanggal Lahir : 24 Agustus 1931

Istri : Dian Sumeler
Anak : Rina Ciputra, Junita Ciputra, Cakra Ciputra, Candra Ciputra

BIOGRAFI
Dr. Ir. Ciputra adalah seorang pengusaha sukses yang juga masuk dalam jajaran orang terkaya di Indonesia.Ia sangat dikenal sebagai raja properti Indonesia. Beberapa perusahaannya adalah Jaya Group, Metropolitan Group, dan Ciputra Group.

Ciputra lahir di kota kecil Parigi, Sulawesi Tengah pada tanggal 24 Agustus 1931 dengan nama Tjie Tjin Hoan, ia anak ke 3 dari pasangan Tjie Sim Poe dan Lie Eng Nio yang juga berlatar belakang keluarga sederhana. Ketika berusia 12 tahun ia kehilangan ayahnya yang meninggal di tahanan tentara pendudukan Jepang karena tuduhan palsu dianggap mata-mata Belanda.

Ciputra sekolah di SMP dan SMA yang sama yaitu Frater Don Bosco di Manado. Setelah menamatkan sekolahnya di Manado, Ciputra lalu melanjutkan studinya ke Institut Teknologi Bandung.Pendidikan masa remaja Ciputra memang merupakan gabungan dari pendidikan yang akademis dan juga non akademis, di dalam kelas dan juga di luar kelas. Inilah yang dapat disebut sebagai sekolah kehidupan yang membuat seseorang tumbuh menjadi pribadi yang mandiri dan utuh. Oleh karena itu tidak heran bila saat ini ia berpendapat bahwa pendidikan yang baik adalah pendidikan yang membangun manusia seutuhnya dan beberapa cirinya adalah membangun moral, mendorong kreativitas dan mendidik karakter-karakter mandiri siswa-siswinya.

Perjalanan bisnis Ciputra dirintis sejak masih menjadi mahasiswa arsitektur Institut Teknologi Bandung. Bersama Ismail Sofyan dan Budi Brasali, teman kuliahnya, sekitar tahun 1957 Ciputra mendirikan PT Daya Cipta. Biro arsitek milik ketiga mahasiswa tersebut, sudah memperoleh kontrak pekerjaan lumayan untuk masa itu, dibandingkan perusahaan sejenis lainnya. Proyek yang mereka tangani antara lain gedung bertingkat sebuah bank di Banda Aceh.

Setelah berhasil menamatkan kuliahnya di ITB Bandung, Ciputra memutuskan untuk menjadi seorang entrepreneur dan ia mengawali bisnisnya di Jaya Group. Jaya Group merupakan sebuah perusahaan daerah di DKI Jakarta milik Pemda DKI. Ia menjabat sebagai direksi dan kemudian beralih ke penasihat. Ciputra saat bekerja di Jaya Group memberikan sebuah inovasi yang cukup membanggakan yaitu pembangunan proyek Ancol. Kemudian bersama dengan Sudono Salim, Sudwikatmono, Djuhar Sutanto, dan Ibrahim Risjad mendirikan sebuah perusahaan yang bernama Metropolitan Group. Metropolitan Group merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pembangunan perumahan mewah. Perusahaan Metropolitan Group sudah berhasil membangun beberapa perumahan mewah di Jakarta antara lain adalah Pondok Indah dan Kota Mandiri Bumi. Ciputra menjadi direktur utama di perusahaan Jaya Group dan menjadi Presiden Komisaris di Metropolitan Group.

Sebenarnya bisnis dari Ciputra pernah mengalami masa-masa yang sangat sulit. Masa-masa sulit itu terjadi pada tahun 1997 yaitu pada saat terjadi krisis ekonomi yang mengakibatkan bisnisnya hampir tutup. Sebenarnya ada yang sudah ditutup oleh pemerintah yaitu Bank Ciputra karena dianggap tidak layak. Namun Ciputra mendapatkan sebuah kemudahan yaitu mendapat diskon bunga dari bank dan pemerintah. Akhirnya beliau bisa membangun kembali bisnisnya yang sempat mengalami kemerosotan hingga menjadi maju dan sukses.

Pada usianya yang ke-75, ia memilih untuk mengembangkan bidang pendidikan dengan mendirikan sekolah dan Universitas Ciputra. Sekolah ini menitikberatkan pada kewirausahaan yang bertujuan untuk menyiapkan para lulusannya menjadi pengusaha. Ciputra saat ini dikenal sebagai sosok penyebar entrepreneurship / kewirausahaan di Indonesia. Dalam setiap kesempatan, ia selalu menanamkan pentingnya kewirausahaan untuk membuat bangsa Indonesia maju.


KARIR
Direksi dan Penasihat Jaya Group
Salah satu Pendiri  Metropolitan Group
Pengusaha Bidang Properti (Pondok Indah, Bumi Serpong Damai, dan Ciputra Development)
Pendiri Universitas Ciputra

PENDIDIKAN
Institut Teknologi Bandung

PENGHARGAAN 
Orang terkaya di Indonesia urutan ke 29 Indonesia versi Forbes (2010)
Orang terkaya di Indonesia urutan ke 27 Indonesia versi Forbes (2011)

Source: Wikipedia dan berbagai sumber

0 comments: