Profil Jack Dorsey (Pendiri Twitter)


Nama Lengkap : Jack Dorsey
Alias : No Alias
Tempat Lahir : St. Louis, Missiouri
Tanggal Lahir : 19 November 1976
Warga Negara : Amerika

BIOGRAFI
Jack Dorsey dilahirkan dan tumbuh di St Louis, Missouri, merupakan salah satu dari tiga pendiri Twitter yaitu Biz Stone, Evan Willliams, dan Jack Dorsey sendiri. Pada usia 13 tahun, Jack sudah tertarik dalam bidang dispatch routing, bahkan, beberapa perangkat lunak sumber terbuka yang dibuatnya dalam bidang dispatch logistics masih digunakan oleh banyak perusahaan taksi saat ini.

Jack menempuh bangku SMA di Bishop DuBourg High School. Lalu dia meneruskan kuliah di Missouri University of Science and Technology sebelum akhirnya transfer ke New York University. Pada saat itu, pesan instan benar-benar mulai luar biasa, dengan AOL Instant Messenger layanan yang sangat populer. Dorsey melihat hal ini dan bertanya-tanya apakah ia dapat menggabungkan ide-ide awalnya untuk menyediakan layanan komunikasi pesan singkat/status dengan waktu nyata yang berbasis web.

Saat pertama kali Jack melihat implementasi perpesanan instan, dia membayangkan jika perangkat lunak output status pengguna dapat dibagikan di antara teman-teman dengan mudah. Kemudian dia mendekati Odeo yang saat itu tertarik dengan perpesanan teks. Jack dan Biz Stone memutuskan bahwa teks SMS sesuai dengan ide pesan status.

Mereka lalu membuat prototip Twitter dalam waktu dua minggu. Ide itu pun menarik banyak pengguna di Odeo dan Evan Williams yang meninggalkan Google setelah menjual Pyra Labs dan Blogger kepada mereka akhirnya juga berinvestasi. Akhirnya Jack, Stone, dan Williams mendirikan Obvious yang merupakan cikal bakal Twitter, Inc.

Pada bulan Agustus tahun 2006, twitter lahir, yang menawarkan jejaring sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan (tweets). Kicauan adalah teks tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna. Kicauan bisa dilihat secara luar, namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar teman-teman mereka saja. Pengguna dapat melihat kicauan penulis lain yang dikenal dengan sebutan pengikut ("follower"). Semua pengguna dapat mengirim dan menerima kicauan melalui situs Twitter, aplikasi eksternal yang kompatibel (telepon seluler), atau dengan pesan singkat (SMS) yang tersedia di negara-negara tertentu. Situs ini berbasis di San Bruno, California dekat San Francisco, di mana situs ini pertama kali dibuat. Twitter juga memiliki server dan kantor di San Antonio, Texas dan Boston, Massachusetts.

Meskipun bertindak sebagai pendiri bersama, namun Jack berada di luar struktur manajemen Twitter. Terakhir kali dia menjabat sebagai CEO yang kemudian digantikan oleh Williams. Meski begitu, pada tahun 2011, Jack akhirnya masuk kembali untuk memimpin Twitter. Dia datang saat Twitter tengah butuh pengembangan pesat di tengah popularitasnya yang terus meningkat dan mulai komersil.

Jack Dorsey kemudian menjabat sebagai Executive Chairman yang bertanggung jawab untuk memimpin pengembangan produk. Ia akan bertanggung jawab langsung kepada CEO saat ini, Dick Costolo. Sementara itu, Williams akan meninggalkan tanggung jawab operasionalnya di Twitter setelah mundur dari jabatan CEO Twitter pada bulan Oktober tahun 2010. Williams sendiri tetap duduk di anggota dewan direksi dan menjadi penasihat strategi.

Sejak dibentuk pada tahun 2006 oleh Jack Dorsey, Twitter telah mendapatkan popularitas di seluruh dunia dan saat ini memiliki lebih dari 100 juta pengguna. Twitter digambarkan sebagai "SMS dari internet".Jack Dorsey sendiri masuk di jajaran 100 orang paling kreatif dalam dunia bisnis versi web FastCompany.com pada tahun 2011 lalu.

PENDIDIKAN
Bishop DuBourg High School
Missouri University of Science and Technology
New York University

0 comments: