Jeffrey Preston Bezos (Amazon.com)


Nama Lengkap : Jeffrey Preston Bezos
Alias : Jeffrey Bezos
Tempat Lahir : Albuquerque, New Mexico, Amerika Serikat
Tanggal Lahir : Minggu, 12 Januari 1964

BIOGRAFI 
Jeffrey Bezos adalah seorang pengusaha Amerika yang berperan penting dalam pertumbuhan e-commerce. Bezos adalah pendiri, direktur utama serta CEO dari Amazon.com. Perusahaan ini bergerak di bidang penjualan online. Ia menjadikan situs ini menjadi model bagi penjualan online.

Jeffrey Bezos dilahirkan ketika ibunya yang bernama Jackie Bezos masih berusia belasan tahun. Pernikahan ayah dan ibunya hanya bertahan setahun lebih. Ibunya menikah kembali ketika Bezos masih berusia lima tahun. Ayah tiri Bezos yang bernama Miguel Bezos adalah imigran asal Kuba. Miguel Bezos datang sendirian ke AS sewaktu masih berusia 15 tahun hingga akhirnya diterima di Universitas Albuquerque. Keluarga Bezos pindah ke Houston, Texas, dan Miguel Bezos bekerja sebanyak insiyur di Exxon. Kelas 4 hingga kelas 6 dilewatkan Bezos kecil di Sekolah Dasar River Oaks Elementary, Houston.

Sejak kecil, Bezos sudah menunjukkan ketertarikannya akan dunia mekanik. Bezos kecil pernah membongkar tempat tidurnya sendiri menggunakan obeng. Saat remaja, ia menguatak-atik bagaimana cara membuat alarm listrik supaya adiknya tidak bisa masuk ke kamarnya. Ia menjadi garasi rumahnya sebagai laboratorium eksperimennya. Saat di Princeton University, ia awalnya masuk ke jurusan fisika. Namun, ia berubah pikiran dan memilih jurusan komputer hingga ia lulus dan mendapatkan gelar di bidang ilmu komputer dan teknik listrik.

Jeffrey Bezos merupakan lulusan dari Princeton University. Ia juga pernah menjadi anggota Phi Beta Kappa. Ia juga pernah menjadi analis keuangan di D. E. Show & Co. Karena prestasinya, ia pernah menjadi Person of the Year di majalah TIME. Setelah lulus dari universitas tersebut, Bezos mendapatkan tawaran bekerja di Wall Street dalam bidang komputer. Kemudian ia membangun jaringan komputer di gedung pusat perdagangan internasional tersebut, Ia menamai perusahaan itu dengan nama Fitel. Kemudian, ia bekerja di D. E. Shaw & Co.

Pada tahun 1994 Bezos mendirikan situs web Amazon.com. Model bisnis Amazon.com dirancangnya sewaktu mengendarai mobil dari New York ke Seattle. Kantor Amazon.com yang pertama adalah garasi rumah Bezos sendiri.Situs Amazon.com yang didirikan Bezos membawanya sebagai salah seorang pengusaha sukses era dot-com.

Pada tahun 2004, Bezos mendirikan perusahaan bernama Blue Origin yang bergerak di bidang penerbangan sipil angkasa luar. Jeffrey Bezos selama 9 tahun berturut-turut masuk dalam jajaran orang terkaya di dunia meskipun posisinya berubah-ubah. Sumber pundi-pundi uangnya berasal dari kepemilikan saham di Amazon.com.

Jeffrey Bezos pernah masuk dalam majalah TIME sebagai Person of the Year tahun 1999. Tahun 2008, ia dipilih oleh US News & World Report sebagai salah satu pemimpin terbaik dunia. Bezos dianugerahi gelar doktor kehormatan dari Science and Technology Carnegie Mellon University. Tahun 2011, ia menghadiri Swiss 2011 Bilderberg conference di St. Moritz Switzerland.

PENDIDIKAN 
Princeton University

KARIR 
1. Ketua dan CEO Amazon.com
2. Analis Keuangan

PENGHARGAAN 
Penghargaan: Person of the Year, Majalah TIME

0 comments: