Jerry Yang (Salah Satu Pendiri Yahoo!)



Nama Lengkap : Jerry Yang
Alias : Jerry Yang
Tempat Lahir : Taipei, Taiwan
Tanggal Lahir : Rabu, 6 November 1968
Warga Negara : Amerika Serikat
Istri : Akiko Yamazaki

BIOGRAFI 
Jerry Yang lahir di Taipei, ibu kota Taiwan, pada 6 November 1968. Ayahnya meninggal saat ia berusia 2 tahun, dan ia bersama ibunya pindah ke San Jose di California saat ia berusia 10 tahun. Pada umur 10 tahun, ia “hanyalah” seorang imigran dari Taiwan. Saat dia pertama masuk sekolah di San Jose, dia hanya memiliki satu kosakata bahasa Inggris, yaitu shoe (sepatu).

Kehidupan awalnya di San Jose benar-benar tidak mudah karena ia harus beradaptasi dengan bahasa yang sangat asing. Namun, Jerry adalah orang dengan kemauan keras yang jenius. Ia menunjukkan kejeniusannya dengan menguasai bahasa inggris secara sempurna setelah 3 tahun dan mengikuti AP (Advanced Placement) English class, sebuah program pembelajaran bahasa setara universitas untuk siswa SMU.

Setelah lulus dari Piedmont Hills High School, ia menempuh sarjana dan masternya di jurusan Teknik Elektro dari Stanford University, dan meneruskan studinya di jurusan yang sama untuk program doktoralnya. Di Stanford pula, ia bertemu David Filo dan duo ini kemudian menciptakan situs yang terdiri dari sebuah direktori situs-situs lain pada bulan April 1994 yang disebut "Jerry's Guide to the World Wide Web". Situs ini berganti nama ke Yahoo, sebuah backcronym untuk "Yet Another Hierarchical Officious Oracle", tapi baik menurut Yang dan Filo, nama ini dipilih karena mereka menyukai definisi umum dari yahoo: "rude, tidak canggih, kasar".

Dalam beberapa bulan Yahoo! menjadi populer, tidak hanya di domestik tetapi juga di seluruh dunia. Keberhasilan Yahoo! Membuat Yang dan Filo menyadari bisnis ini mempunyai potensi yang besar, dan keduanya membuat proyek baru, mendirikan Inc Yahoo! pada April 1995. Peluncuran perangkat baru ini memaksa mereka untuk mengambil cuti dan juga menunda program doktor mereka untuk waktu yang tidak terbatas. Yahoo! Dimulai dari sebuah portal web dengan direktori web demi menyediakan berbagai pilihan produk dan jasa untuk kegiatan online.

Yahoo! telah menjadi perusahaan dunia yang bergerak di bidang komunikasi, komersial, dan media berbasis internet. Setiap bulannya ada 232 juta pengguna Internet di seluruh dunia yang menggunakan jasa pelayanan Yahoo!, mulai dari mesin pencari, portal, e-mail gratis, bisnis online, sampai pembuatan dan penyewaan tempat situs. Jaringan Yahoo! yang berkantor pusat di Sunnyvale, California, AS ini sudah berdiri di 25 lokasi yang tersebar di benua Eropa, Asia, Amerika Latin, Australia, Kanada, dan tentu saja Amerika Serikat. Hasilnya keuntungan besar pun dihasilkan oleh Jerry Yang bersama Yahoo! Yang menjadikan seorang imigran Taiwan tersebut menjadi seorang miliarder.

Jerry Yang adalah orang yang sukses dari nol, pada tahun 2008, ia tercatat di nomor 524 dalam daftar miliarder dunia versi Forbes, dengan perkiraan kekayaan bersih sebesar $ 2,3 miliar. Ia juga bekerja sebagai dewan direksi untuk Yahoo!, Cisco Systems, Yahoo! Jepang, dan Alibaba Group Holding Ltd, serta menjadi dewan pengawas di Stanford University.

Pada tahun 2007, Jerry Yang dan istrinya berjanji akan menyumbangkan uang sebesar $ 75.000.000 untuk membangun lingkungan baru di almamaternya, Stanford University. Pada November 2008, Jerry Yang meninggalkan jabatannya sebagai Kepala Eksekutif Yahoo untuk kembali ke posisi sebelumnya sebagai "Chief Yahoo," Jerry Yang menikahi Akiko Yamazaki, yang ditemuinya ketika bersama-sama mengikuti program luar negeri Stanford di Kyoto, pada tahun 1992. Akiko adalah seorang Jepang yang besar di Costa Rica. Akiko saat ini juga menjabat sebagai Board of Directors of the Asian Pacific Fund, Cisco, dan juga the Stanford University Board of Trustees bersama Jerry.

PENDIDIKAN 
Stanford University

KARIR 
Salah satu pendiri Yahoo!

Source: Wikipedia dan berbagai sumber

0 comments: