Kunci Sukses Bisnis Chairul Tanjung



Chairul Tanjung, pengusaha yang berkecimpung di bisnis pertelevisian dengan mendirikan Trans Corp yang membawahi Trans TV dan Trans 7 sekaligus mengakuisi 40% saham PT Carrefour Indonesia senilai Rp 3 triliun melalui PT Trans Ritel, yang juga termasuk jajaran orang terkaya dunia versi majalah Forbes, memberikan tiga kunci suksesnya yaitu kerja keras, kerja cerdas, dan ikhlas.

Menurut Chairul Tanjung, masyarakat Indonesia sebenarnya beruntung, karena hidup di negeri yang memiliki potensi luar biasa, baik bagi individu maupun bangsa. Jika tiga kunci, yaitu kerja keras, kerja cerdas, dan ikhlas dilakukan, ia yakin dapat berhasil.

Ikhlas dan sabar dalam berproses juga menjadi salah satu kunci penting dari sukses seorang Chairul Tanjung. Ia menuturkan, bangsa Indonesia memiliki penyakit ingin segala sesuatunya instan. Segala kesuksesan akan datang melalui sebuah proses. Kesadaran tidak ada proses instan inilah yang membuat dirinya bersabar. Ia selalu menekankan untuk terus mensyukuri segala sesuatu yang didapatkan pada hari itu. Dengan bersyukur, dia melanjutkan, akan menambah kenikmatan dalam berusaha.

Chairul Tanjung juga membagikan resep bisnisnya bagi enterpreneur muda di Indonesia. Buatlah bisnis yang memenuhi kebutuhan orang kaya, sebab penduduk miskin Indonesia akan semakin berkurang dan orang kayanya akan bertambah. Sebagai contoh dalam memilih usaha, Pria yang akrab disapa CT ini menyontohkan tentang perbedaan pola makan orang kaya dan orang miskin. Orang miskin, biasanya makannya nasi banyak dan lauknya sedikit, sementara orang kaya akan mengurangi makan nasi dan memperbanyak lauknya. Sebab itu di antara pilihan bisnis untuk makanan untuk kaya, jangan pilih beras tetapi lauknya.

Tetapi yang terpenting dalam menjadi pengusaha, kata dia, tidak takut gagal. Jangan terlalu banyak khawatir sehingga tidak berani mencoba. Pengusaha yang berhasil adalah pengusaha yang tidak gampang menyerah, tidak gampang takluk pada kegagalan., setiap pengusaha pasti akan mengalami fase kegagalan dalam mengembangkan bisnisnya, untuk itu seorang pengusaha wajib menjadikan kegagalan sebagai sahabat baik. Seorang pengusaha tidak pernah lari dari tanggung jawab dan siap untuk bangkit dari kegagalan.bagi seorang berjiwa wirausaha harus menjadikan kegagalan sebagai sahabat baik. Dengan menjadi kegagalan sebagai sahabat baik, seorang wirausaha dapat memetakan karakteristik kegagalan dan pada akhirnya dapat menghindari kegagalan.

Source: DetikFinance dan Vivanews

0 comments: