Matt Mullenweg (Pendiri WordPress)


Nama Lengkap : Matthew Charles Mullenweg
Alias : Matt Mullenweg
Tempat Lahir : Houston, Texas
Tanggal lahir : Rabu, 11 Januari 1984
Warga Negara : Amerika Serikat

Ayah : Louis Charles Mullenweg IV
Ibu : Kathleen Anne Hageney

BIOGRAFI 
Matthew Charles Mullenweg atau yang lebih dikenal dengan nama Matt Mullenweg, lahir di Houston, Texas pada 11 Januari 1984. Ia adalah pengembang software CMS WordPress yang sangat populer. Wordpress kemudian berkembang menjadi layanan blog gratis WordPress.com dan juga menjadi CMS (Content Management System) terpopuler yang bisa didownload di WordPress.org.

Matt menempuh pendidikan SMA di bidang Seni Visual dan Pertunjukan. Ia pun mahir memainkan musik saksofon. Pada tahun 2004, nasib buruk menimpa Matt dalam bidang pendidikan formal. Ia drop-out alias DO dan pindah dari Houston ke San Fransisco (California) untuk bekerja pada CNET selama setahun. Pekerjaannya di CNET selama setahun merupakan masa-masa terakhir Matt bekerja di perusahaan. Karena pada usia 21 tahun, Matt telah berhenti dari perusahaan CNET dan ia menghabiskan waktunya berkarya untuk WordPress.

Tidak lama dari masa pensiunnya, ia pun berhasil meluncurkan aplikasi Akismet yang berfungsi memblokir komentar dan trackback yang teridentifikasi sebagai spam. Di tahun yang sama, Matthew memutuskan WordPress terbuka bagi kalangan umum di seluruh dunia pada November 2005. Di tahun yang sama, Matt meluncurkan Automattic yang menjadi perusahaan bisnis yang mendukung WordPress dan Akismet.

Dengan fasilitas yang unik, mudah, cepat dan menarik, Platform WordPress berhasil menarik jutaan pengguna. Dengan tambahan ribuan blogger serta ratusan ribu posting terbaru tiap harinya, WordPress berhasil masuk ke dalam 30 situs teraktif di dunia. Setelah mendapat layanan Gravatar pada tahun 2007, beredar isu bahwa usaha yang didirikan Matt, Automattic, ditawari hingga USD 200 juta, namun Matt menolak menjualnya.

Jiwa entrepreneur Matt dalam mengembangkan WordPress dan Akismet telah menghantarkan usahanya masuk ke bisnis profesional. Pada tahun 2006 (22 tahun), pemuda Matt mampu merekrut mantan CEO Oddpost dan Senior Manager Yahoo!, Tony Schneider sebagai CEO Automattic. Beberapa bulan setelah Tony Schneider berada di Automattic, Akismet (anak perusahaan) yang baru berusia kurang 2 tahun berhasil meraup USD 1.1 juta pada April 2006.

Di usianya yang ke-25, Matthew Mullenweg berhasil menjadi miliader muda dengan kekayaan tidak kurang USD 40 juta (Rp 400 miliar). Matthew Mullenweg pun dinobatkan sebagai 16 dari “50 Orang Terpenting di Dunia Internet” oleh PC World pada tahun 20 07. Dari daftar 50 orang tersebut, hanya Matt yang merupakan orang termuda (23 tahun).

KARIR 
Pendiri Wordpress
Pengusaha Muda
Automattic

PENGHARGAAN 
Dinobatkan sebagai 16 dari “50 Orang Terpenting di Dunia Internet” oleh PC World (2007)
Salah satu nama paling berpengaruh dari 10 orang dalam mengubah wajah internet
Tercatat di Forbes untuk Sosial / Mobile untuk dampak yang telah dibuat pada dunia blogging melalui open source (desember, 2011)
Matt Mullenweg terdaftar dalam Investor Paling Berpengaruh Forbes 'Angel di AngelList (Mei, 2012)

Source: Wikipedia dan berbagai sumber

0 comments: