Profil Larry Page (Salah Satu Pendiri Google)


Nama Lengkap : Lawrence Edward Page
Alias : Larry Page
Tempat Lahir : Lansing, Michigan
Tanggal Lahir : 26 Maret 1973
Warga Negara : Amerika

Ayah : Carl Vincent Page
Ibu : Gloria Page
Istri : Lucinda Southworth

BIOGRAFI
Lawrence Edward "Larry" Page adalah salah satu pendiri dari raksasa mesin pencari internet Google. Larry Page sejak kecil sudah mewarisi kecerdasan kedua orang tuanya di bidang komputer dan programming. Ayahnya bernama Carl Vincent Page, adalah seorang profesor ilmu komputer di Universitas Michigan dan Ibunya bernama Gloria Page, yang merupakan guru pemrograman komputer di Universitas Michigan.

Larry Page menempuh studinya di East Lansing High School kemudian melanjutkan ke University of Michigan dan mendapatkan gelar Bachelor of Science di bidang rekayasa komputer. Kemudian Page melanjutkan studi program Master di Stanford University pada tahun 1995.

Ketika menjadi seorang siswa di program Ph.D. ilmu komputer Universitas Stanford, Page bertemu Sergey Brin. Pada awalnya mereka merasa tidak cocok karena ketidakcocokan mereka terhadap setiap topik yang dibicarakan. Namun, pada akhirnya mereka memiliki ketertarikan yang sama yaitu tentang mesin pencari (search engine). Google berawal dari proyek penelitian Page dan Brin pada awal 1996 yang mengembangkan teori bahwa sebuah mesin pencari yang berdasarkan analisis matematika hubungan antara situs-situs web akan memberikan hasil yang lebih baik daripada dengan menggunakan teknik-teknik pencarian dasar yang digunakan pada saat itu. Sistem ini pada awalnya dinamakan BackRub karena menggunakan backlink untuk memperkirakan seberapa penting sebuah situs.

Page dan Sergey terus menyempurnakan teknologi Google. Dan pada 7 September 1998, Google Inc. resmi dibuka di Menlo Park, California. Selama beberapa tahun berikutnya Google membuat banyak inovasi dan menambahkan ke daftar produk dan karyawan . Pada Oktober 2004, Google mengumumkan hasil kuartal pertama mereka sebagai sebuah perusahaan yang ditawarkan publik, dengan mencatat penerimaan sebesar $ 805.9 juta. Google Inc. kemudian pindah ke Mountain View, California sampai saat ini.

Menurut data yang dilansir Forbes, Page mempunyai perkiraan kekayaan bersih sebesar 12,8 milyar US Dollar. Hal ini membuatnya menjadi orang nomor 27 terkaya di dunia. Pada September 2005 dia dan pendiri Google lainnya, Sergey Brin, membeli sebuah pesawat penumpang yang sangat besar jenis Boeing 767, digunakan untuk pribadi. Page adalah investor aktif di perusahaan energi alternatif, seperti Tesla Motors, yang mengembangkan Tesla Roadster, sebuah kendaraan listrik dengan rentang baterai 244 mil (393 km). Dia terus berkomitmen untuk mendukung teknologi dengan energi terbarukan, dan dengan bantuan dari Google.org, Page menyarankan adopsi plug-in mobil listrik hibrida dan investasi energi alternatif lainnya.

Larry Page menikahi kekasihnya, Lucinda Southwort pada 8 Desember 2007 di pulau milik miliuner Richard Branson, Necker Island, di kepulauan Karibia.

PENDIDIKAN 
Okemos Montessori School
East Lansing High School
Universitas Michigan
Stanford University

KARIR 
Pendiri, Presiden Divisi Produk, CEO Google Inc.

PENGHARGAAN 
100 Inovator terbaik di dunia di bawah usia 35 tahun dari MIT Technology Review TR100

Source : Wikipedia dan berbagai sumber

0 comments: