Profil Sandiaga Salahudin Uno



Nama Lengkap : Sandiaga Salahuddin Uno
Alias : Sandiaga Uno | Sandi Uno
Agama : Islam
Tempat Lahir : Rumbai
Tanggal Lahir : Sabtu, 28 Juni 1969
Warga Negara : Indonesia

BIOGRAFI
Sandiaga Salahudin Uno atau sering dipanggil Sandi Uno adalah pengusaha asal Indonesia.Dia sering hadir di acara seminar-seminar, Sandi Uno yang berdarah Gorontalo ini kerap memberikan pembekalan tentang jiwa kewirausahaan (entrepreneurship), utamanya pada pemuda.

Sandi Uno adalah lulusan Wichita State University, Amerika Serikat, dengan predikat summa cum laude.Sandi mengawali karier sebagai karyawan Bank Summa pada 1990.[1] Setahun kemudian ia mendapat beasiswa untuk melanjutkan pendidikan di George Washington University, Amerika Serikat. Ia lulus dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) 4,00 .Kemudian, pada tahun 1993 ia bergabung dengan Seapower Asia Investment Limited di Singapura sebagai manajer investasi sekaligus di MP Holding Limited Group (mulai 1994).Pada 1995 ia pindah ke NTI Resources Ltd di Kanada dan menjabat Executive Vice President NTI Resources Ltd. dengan penghasilan 8.000 dollar AS per bulan.Namun, krisis moneter sejak akhir 1997 menyebabkan perusahaan tempatnya bekerja bangkrut.Sandi pun tidak bisa lagi meneruskan pekerjaanya tersebut.

Pada tahun 1997 Sandi Uno mendirikan perusahaan penasehat keuangan, PT Recapital Advisors bersama teman SMA-nya, Rosan Perkasa Roeslani. Salah satu mentor bisnisnya adalah William Soeryadjaya.Kemudian, pada 1998 ia dan Edwin Soeryadjaya, putra William, mendirikan perusahaan investasi bernama PT Saratoga Investama Sedaya. Perusahaan ini bergerak dalam bidang infrastruktur dan sumber daya alam. Jabatan CEO di perusahaan tersebut kini tengah disandangnya di samping menjadi pimpinan di beberapa perusahaan lain termasuk perusahaan tambang batu bara terbesar di Indonesia yaitu PT. Adaro. Tidak cepat puas, ia juga berhasil mendirikan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pengelolaan aset yang dinamakan PT. Recapital Advisors.

Sandi Uno sempat ditunjuk menjadi Ketua Umum Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) yang beranggotakan bahkan lebih dari 30ribu pengusaha untuk periode 2005-2008. Selain itu, ia juga aktif di Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) sehingga sempat menduduki jabatan wakil ketua umum bidang usaha mikro kecil menengah dan koperasi.

Pengalaman dalam dunia bisnis membawanya untuk menerima sebuah anugerah sebagai "Indonesian Entrepreneur of the Year" pada ajang Anterprise Asia. Pada tahun 2008, ia mewakili Indonesia untuk bergabung dengan sebuah program kegiatan bernama Asia 21.

Sandi dinobatkan menjadi 122 orang terkaya di Indonesia versi majalah Asia Globe dengan total aset perusahaan mencapai 80 juta dollar AS, Pada 2007. Pada 2008 ia dinobatkan menjadi orang terkaya ke-63 di Indonesia dengan total aset 245 juta dollar AS. Pada 2009 Sand masuk sebagai pendatang baru dalam daftar 40 orang terkaya Indonesia versi majalah Forbes. Majalah tersebut menuliskan Sandi memiliki kekayaan US$ 400 juta dan berada di peringkat 29.

PENDIDIKAN 
1990 Bachelor of Business Administration, The Wichita State University, Kansas, AS.
1992 Master of Business Administration, The George Washington Univ., Washington, AS.

KARIR 
Summa Group, Jakarta (Mei 1990-Juni 1993)
Seapower Asia Investment Limited, Singapura (Juli 1993-April 1994)
MP Holding Limited Group, Singapura (Mei 1994-Agustus 1995)
NTI Resources Limited, Calgary, Canada (September 1995-April 1998)
PT Saratoga Investama Sedaya (April 1998- sekarang)

PENGHARGAAN 
Indonesian Entrepreneur of the Year pada ajang Anterprise Asia, 2008 150 orang terkaya versi Globe Asia, 2009 Orang terkaya nomor 37 di Indonesia versi Majalah Forbes 2011 Orang terkaya ke-63 di Indonesia versi Globe Asia.

0 comments: