5 Selling Skill (Keterampilan Menjual)


Selling Skill atau keterampilan menjual wajib dimiliki oleh para pelaku pasar. Jika strategi pemasaran yang dijalankan bisa berjalan lancar, bisa dipastikan bila bisnis Anda juga bisa berkembang cukup pesat. Dan begitu juga sebaliknya, apabila strategi pemasaran yang Anda jalankan kurang efektif, maka tidak menutup kemungkinan bila bisnis yang Anda rintis hanya akan tenggelam tengah ketatnya persaingan pasar.

Berikut ini 5 Selling Skill yang dibutuhkan pelaku pasar untuk meningkatkan penjualan :

1. Beradaptasi dengan keinginan konsumen. 
Sebagai seorang penjual, seringkali Anda menemui berbagai macam karakter konsumen dengan beragam keinginan. Tidak hanya itu saja, tentunya setiap konsumen menginginkan para penjual bisa memenuhi semua kebutuhan mereka, karenanya sebagai penjual Anda harus bisa beradaptasi dengan keinginan konsumen dan berusaha mewujudkannya untuk meningkatkan loyalitas pelanggan Anda.

2.Tidak mudah emosi ketika menghadapi calon pelanggan. 
Sebagai pelnjual, Anda dihadapkan dengan perilaku konsumen yang berbeda-beda. Ada perilaku konsumen yang agresif, kritikus, konsumen yang ramah, sampai dengan konsumen yang pasif. Oleh karena itu, Anda dituntut agar bisa bersikap bijaksana dan mengesampingkan emosi Anda. Jangan pernah melibatkan emosi Anda, karena hanya akan memberikan citra buruk yang bisa mengancam nama baik perusahaan Anda.

3. Membangun komunikasi dengan pembeli. 
Sebagai seorang penjual, jangan pernah membatasi komunikasi yang terbangun agar kedekatan antara penjual dan pembeli bisa terjalin dengan baik. bahkan, jadilah sahabat bagi konsumen Anda agar kedepannya Anda bisa mengetahui kebutuhan, keinginan, dan permintaan para konsumen.

4. Melibatkan konsumen untuk menunjukkan kelebihan produk Anda. 
Sebagai seorang penjual, Anda harus pintar-pintar untuk meyakinkan calon konsumen. Misalnya saja dengan mengajak calon konsumen untuk ikut demonstrasi mencoba produk agar bisa membuktikan langsung kelebihan produk yang Anda tawarkan.

5. Memiliki cara tepat untuk menghubungi para pelanggannya. 
Selain pandai dalam memikat calon konsumen, tentunya seorang penjual juga harus handal dalam mem-follow up calon pelanggannya. Gunakan cara-cara efektif agar Anda tidak terkesan memaksa calon konsumen Anda. Hubungi mereka pada waktu santai serta menggunakan bahasa yang bersahabat agar konsumen memberikan respon positif pada Anda.


0 comments: