8 Tipe Karakter Seseorang Dalam Pekerjaan


Untuk mengenali tipe pekerjaan yang sesuai dengan anda, tidak ada salahnya memahami karakter anda lebih dulu dan mengasah kemampuan diri sendiri untuk mendapatkan jenis pekerjaan yang sesuai dan meraih kesuksesan dalam pekerjaan tersebut.

Roger Hamilton, seorang konsultan kekayaan mengklasifikasikan kepribadian pekerja dalam delapan tipe seperti berikut ini:

1. Creator
Seseorang dengan tipe creator selalu berusaha menciptakan produk baru yang lebih baik dari produk yang sudah ada sebelumnya. Dalam pekerjaan, orang-orang seperti ini dinilai berdasarkan ide-ide kreatif. Tokoh-tokoh besar yang berjiwa creator, seperti Bill Gates, Steve Jobs, dan Walt Disney. Bill Gates menciptakan perusahaan besar yaitu Microsoft dan seluruh dunia memanfaatkan hasil karyanya, begitu juga dengan Steve Jobs dengan perusaan Apple-nya.

2. Star
Seseorang dengan tipe Star atau bintang cenderung mampu menciptakan brand atau identitas baru pada dirinya sendiri atau perusahaan. Perannya sangat kuat untuk menarik konsumen menggunakan produk yang diperkenalkannya. Contoh tipe ini diantaranya Michael Jackson dan David Beckham. Michael Jackson dengan karakter uniknya mampu menjadi panutan bagi penggemarnya dan tidak diragukan lagi sudah berhasil menjadi ikon yang mampu membangun merk/brand dirinya sendiri.Begitu juga dengan David Beckham, dia memiliki aura bintang besar, selain menjadi pemain bola, dia sering didaulat untuk menjadi model untuk produk-produk fashion.

3. Supporter
Seseorang dengan tipe Supporter, mampu memimpin rekan-rekannya dan membangun tim berkinerja tinggi, misalnya seorang manajer atau pemimpin perusahaan.Contoh tipe ini adalah Steve Ballmer, pengusaha asal Amerika yang menjabat Chief Executive Officer (CEO) Microsoft Corporation sejak tahun 2000.

4.Deal Maker
Seseorang dengan tipe Deal Maker mampu menghubungkan orang yang tepat pada saat yang tepat. Orang dengan karakter ini selalu berusaha untuk membuat kedua belah pihak yang didekatkannya merasa nyaman dan saling menguntungkan. Orang-orang ini umumnya lihai dalam bernegosiasi. Contoh tipe ini adalah Donald Trump, seorang wirausahawan dan pionir program pertelevisian yang sukses di Amerika.

5. Trader
Prinsip kerja yang menjadi pegangan tipe trader yaitu membeli dengan harga rendah dan menjual dengan harga tinggi. Contoh tipe ini adalah George Soros, seorang pelaku bisnis dan keuangan, dan aktif dalam kegiatan politik dan penanaman saham.

6.Accumulator
Seseorang dengan tipe accumulator memiliki kemampuan untuk menerka atau menebak bahwa apa yang ia beli dapat menjadi aset berharga nantinya. Contoh tipe ini adalah Paul Allen dan Warren Buffet. Paul Allen adalah pengusaha yang mendirikan perusahaan Microsoft bersama Bill Gates. Dia dikenal memiliki investasi diberbagai macam perusahaan seperti teknologi, media, dan real estate. Sedangkan Warren Buffet adalah seorang investor dan pengusaha asal Amerika yang dikenal karena kecerdikannya dalam berinvestasi.

7. Lord
Seseorang dengan tipe Lord mampu mengontrol produksi aset yang dimilikinya. Contoh tipe ini adalah Lakshmi Mital, seorang miliarder yang memimpin perusahaan penghasil baja terbesar didunia. Dia menjadi sukses setelah membeli pabrik-pabrik baja yang merugi dan mengubahnya menjadi pabrik yang berhasil.

8. Mechanic
Seseorang dengan tipe Mechanic memiliki kemampuan untuk menciptakan sistem yang lebih baik dan menduplikasinya. Contoh tipe ini adalah Henry Ford, pendiri Ford Motor Company. Mobil model T yang diproduksinya pertama kali mampu merevolusi transportasi dan industri di Amerika. Pada waktu itu, Ford mampu memproduksi mobil murah dalam jumlah besar.

0 comments: