Steve Chen (Salah Satu Pendiri Youtube)


Nama Lengkap : Steve Chen
Alias : Steven Shih Chen
Tempat Lahir : Taipei
Tanggal Lahir : Jumat, 18 Agustus 1978
Zodiac : Leo

BIOGRAFI
Steve Chen adalah seorang pengusaha internet keturunan Taiwan-Amerika yang mendirikan website video sharing Youtube pada tahun 2005 lalu. Ia juga menjabat sebagai Kepala Bagian Teknologi Youtube. Steve Chen termasuk kedalam daftar 50 orang paling berpengaruh versi majalah Business 2.0 edisi tahun 2006.

Steve Chen lahir di Taipei, Taiwan, 32 tahun yang lalu. Ia bersama keluarganya berpindah dari Taipei ke Amerika ketika Chen masih berusia 15 tahun dan kini Chen bersama istrinya, Jamie Chen, dan putra mereka tengah tinggal di kawasan San Fransisco. Setelah lulus dari University of Illinois di Urbana-Champaign, ia kemudian bekerja di PayPal di mana ia bertemu Chad Hurley dan Jawed Karim. Pada tahun 2005, ia dan dua orang lainnya mendirikan YouTube, website yang dirancang untuk berbagi video. Setelah Youtube sukses diluncurkan pada tahun 2005, Steve Chen ditunjuk menjadi Kepala Bagian Teknologi untuk situs video-sharing tersebut.

Youtube dengan cepat meraih popularitas di dunia maya dan mendapatkan peringkat ke-10 sebagai website paling populer hanya dalam waktu satu tahun setelah diluncurkan. Kini, tercatat lebih dari 100 juta klip di Youtube yang ditonton oleh jutaan pengguna website setiap harinya dengan lebih dari 65.000 video baru yang di upload setiap 24 jam.

Pada tanggal 16 Oktober 2006, Chen dan Hurley memutuskan untuk menjual Youtube kepada Google Incorporation dengan harga 1.65 Milyar Dollar AS. Chen mendapatkan bagian sebesar 625,366 saham Google. Saham Google yang diterimanya berharga sekitar 485 juta Dollar AS per harga penutupan saham Google tanggal 28 Desember 2012.

Pada tahun 2011, Steve Chen juga termasuk kedalam daftam “15 Scientist to Watch” oleh majalah Asian Scientist magazine. Saat ini, Steve Chen bersama rekannya, Chad Hurley, bersama-sama telah memulai sebuah perusahaan internet yang diberi nama AVOS Systems Inc.

KARIR 
Kepala Bagian urusan Teknologi Youtube
Salah satu pendiri website Youtube

PENGHARGAAN 
Termasuk dalam daftar 50 orang paling berpengaruh versi majalah Business 2.0 edisi tahun 2006 Termasuk dalam daftar 15 Scientist to Watch oleh Asian Scientist MAgazine edisi 15 Mei 2011

Source: Wikipedia dan berbagai sumber

0 comments: