3 Nasehat Warren Buffet Untuk Pengusaha Muda


Warren Edward Buffett (lahir di Omaha, Nebraska, Amerika Serikat, 30 Agustus 1930) adalah seorang investor dan pengusaha Amerika Serikat dan merupakan salah satu orang terkaya didunia. Dengan kesuksesan yang ia raih, ia juga merupakan salah satu orang yang tetap hidup sederhana, rendah hati dan dermawan.

Buffett memberikan 10 juta saham Berkshire untuk Yayasan Bill & Melinda Gates senilai 30,7 miliar dollar. Jumlah itu merupakan sumbangan terbesar sepanjang sejarah. Dia juga menyumbangkan saham Berkshire senilai 6,7 miliar kepada Yayasan Susan Thompson Buffett. Warren Buffet juga merupakan penyumbang untuk calon presiden Hillary Clinton ataupun Barack Obama.

Berikut ini adalah 3 nasehat dari Warren Buffet untuk para pengusaha dan profesional muda untuk mencapai sukses dalam bisnis dan kehidupan:

1. Membangun karakter dan kebiasaan baik
Buffet mengatakan bahwa banyak hal dalam hidup yang berada di luar kontrol seseorang. Misalnya lingkungan dimana ia dilahirkan, sifat genetik seperti IQ, bentuk fisik, atau bakat. Beberapa orang lebih beruntung dibanding orang lain. Bagaimanapun, IQ yang tinggi dan bakat saja tidak bisa diandalkan untuk menggapai kesuksesan. Ada hal lain yang bisa Anda kontrol, yaitu pilihan-pilihan yang berkaitan dengan karakter, kebiasaan, dan temperamen. Pilihan-pilihan ini sangat mempengaruhi sejauh mana efektifitas dan efisiensi dalam menggunakan IQ, bakat, dan kemampuan.

Menurutnya, banyak orang dengan IQ dan bakat yang luar biasa terhambat kesuksesannya karena mereka kurang mengembangkan karakter dan kebiasaan orang sukses. Menurutnya, cara paling mudah membentuk karakter dan kebiasaan di usia muda adalah dengan menemukan seseorang yang Anda kagumi dan menuliskan karakter dan kebiasaan yang Anda kagumi dari mereka. Kemudian, temukan juga contoh orang yang Anda tidak suka dengan karakter dan kebiasaannya, dan tuliskan. Lalu Anda tinggal meniru karakter dan kebiasaan dari orang yang Anda kagumi dan hindari karakter dan kebiasaan orang yang Anda tidak sukai.

2. Hindari Hutang
Nasehat  terbaik dari Warren Buffet untuk para entrepreneur muda adalah menghindari hutang kartu kredit. Ia mengatakan bahwa mencegah lebih mudah daripada nanti terlanjur terjebak dalam masalah finansial. Menurutnya, sekali seseorang terjatuh dalam hutang tersebut, akan sangat sulit untuk keluar darinya. Saat Warren Buffet lulus dari kampus, ia sudah memiliki tabungan sebesar 10.000 dolar. Ia selangkah lebih maju dari teman-temannya. Seperti dalam sebuah perlombaan, apabila seorang peserta diberi kesempatan start 1 meter lebih maju dibanding yang lain, akan membuat perbedaan besar di akhir perlombaan. Sama juga dengan pemuda yang lulus kuliah tanpa hutang atau bahkan dengan sejumlah tabungan, ia memiliki kelebihan dibanding orang lain. Warren Buffet memberikan aturan sederhana soal finansial ini: “Apabila Anda tidak bisa bayar, jangan beli. ”

3. Sederhana dan Rendah Hati 
Menurut Buffet, rendah hati memiliki makna ‘mengetahui sejauh mana kompetensi Anda.’ Atau ‘mengetahui apa saja yang tidak Anda ketahui’. Ia sering berkata bahwa ia lebih baik bekerja dengan orang yang memiliki IQ 130 tapi merasa IQnya 125, daripada dengan seseorang yang IQ nya 180 tapi mengira IQ-nya 200. Orang kedua akan lebih banyak menyebabkan hal buruk daripada hal baik.

Warren Buffett tidak pernah berinvestasi di bisnis yang tidak ia mengerti. Buffet mengatakan bahwa tidak semua orang beruntung dan tidak semua orang akan menjadi atlet kelas dunia, tapi pada akhirnya, apabila orang-orang di sekitar Anda, keluarga dan anak-anak Anda, dan orang-orang yang bekerja pada Anda, peduli dengan Anda setelah melihat usaha Anda selama bertahun-tahun, berarti Anda sukses. Sebaliknya, apabila Anda memiliki segalanya tapi tidak banyak orang yang peduli pada Anda, berarti Anda tidak sukses.

Source : Under30CEO.com

0 comments: