7 Macam Bisnis Yang Cocok Untuk Wanita


Kaum wanita sekarang ini sudah menyerbu ranah bisnis di berbagai bidang, seperti industri kecantikan, industri fashion, kuliner bahkan agrobisnis. Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia 2012, sekitar 60 persen UKM (Usaha Kecil dan Menengah) dikelola oleh wanita. Hal ini menunjukkan bahwa wanita memiliki potensi yang sangat bagus untuk memulai bisnis sendiri. Sifat wanita yang mudah bergaul, ulet dan jeli melihat peluang menjadi keunggulan khusus dalam bersaing di dunia bisnis.

Berikut ini 7 Bisnis yang paling cocok dijalankan oleh kaum wanita :

1. Bisnis Kecantikan 
Wanita yang selalu ingin tampil cantik biasanya tidak akan segan-segan mengeluarkan uang yang cukup banyak. Nah, gunakan peluang ini sebagai “pasar” bisnis Anda. Bisnis kecantikan misalnya salon, spa, klinik kecantikan, atau membuka toko make up bisa menjadi pilihan. Atau, Anda bisa membuka toko parfum dengan target pemasaran dari kelas bawah sampai kelas atas.

2. Bisnis Kebutuhan Bayi 
Wanita dan anak-anak adalah dua halyang tak dapat dipisahkan karena wanita sudah dikodratkan menjadi Ibu yang akan melahirkan, membesarkan dan mendidik anak-anak. Hal ini juga bisa menjadi peluang berbisnis. Anda bisa mencoba berbisnis menyewakan peralatan bayi seperti yang sedang tren sekarang ini. Atau, Anda juga bisa membuka bisnis penitipan bayi di lingkungan sekitar rumah.

3. Bisnis Fashion 
Wanita dan fashion juga tak bisa dipisahkan. Ini adalah peluang bisnis yang menjanjikan, karena mayoritas wanita menyukai tampil trendi mengikuti perkembangan mode fashion. Anda bisa mencoba membuka butik offline maupun online yang menyediakan kebutuhan fashion wanita terkini. Anda boleh memilih satu spesifikasi produk atau menyediakan layanan one stop shopping sekaligus.

4. Bisnis Kuliner 
Masak- memasak adalah salah satu kegemaran wanita. peluang berbisnis di bidang kuliner juga cukup menjanjikan. Apalagi, saat ini wisata kuliner sudah menjadi tren berwisata di berbagai daerah. Bisnis kuliner tidak melulu dengan membuat restoran saja. Anda bisa memilih jenis bisnis kue, es krim, dll. 

5. Industri Kreatif 
Wanita lebih menyukai keindahan dan punya kreativitas yang lebih tinggi dari pada pria. Bidang industri kreatif seperti industri handmade, produksi pernak-pernik kebutuhan rumah tangga, bisa menjadi pilihan. Sifat wanita yang teliti, halus dan lemah lembut akan lebih bermanfaat digunakan dalam bidang bisnis ini.

6. Bisnis Jasa Pendidikan 
Bisnis jasa pendidikan juga menjanjikan peluang meraih kesuksesan. Ada beberapa pilihan bisnis jasa pendidikan, seperti: kursus memasak, kursus menjahit, membuat sekolah PAUD, membuat Bimbingan Pelajar, kursus mata pelajaran, sampai kursus mengaji.

7. Usaha Perdagangan
Wanita juga bisa menjalankan bisnis dibidang jual beli misalnya membuat toko, minimarket/ supermarket, counter, atau distributor/agen sebuah produk.


0 comments: