Pierre Morad Omidyar (Pendiri eBay.com)



Nama Lengkap : Pierre Morad Omidyar
Alias : Pierre Omidyar
Tempat Lahir : Paris, Perancis
Tanggal Lahir : 21 Juni 1967
Tempat Tinggal : Honolulu, Hawaii, U.S.

BIOGRAFI 
Pierre Omidyar dilahirkan pada tanggal 21 Juni 1967 di Paris, Perancis. Ia lahir dari keturunan pengusaha Iran dan Amerika. Ibunya, Elahé Mir-Djalali Omidyar, bergelar doktor di bidang linguistik di Sorbonne. Ayahnya adalah seorang dokter bedah, Keluarga Pierre Omidyar pindah ke AS saat Omidyar berusia enam tahun.

Tumbuh besar di Washington, DC, ketertarikan Omidyar pada dunia komputer dimulai di Sekolah St Andrew's Episcopal School di Potomac, Maryland. Ia lulus dari St Andrew pada tahun 1984. Berawal dari keinginannya untuk membantu perpustakaan disekolah menengah tempatnya belajar, Omidyar menyusun katalog online, ia pun mendapat keberuntungan, karena dari proyek sukarela inilah karir cemerlang Omidyar dimulai. Katalog online ini kemudian memuluskan jalannya menuju profesi ahli pemrograman komputer. Omidyar lulus kuliah dari Universitas Tufts pada tahun 1988 dengan gelar B.S (Bachelor of Science) di bidang ilmu komputer.

Awal karirnya mulai terlihat ketika tahun 1991 bergabung dengan perusahaan Claris, sebuah anak perusahaan Apple Computer. Ia menjabat sebagai consumer software engineer. Pada tahun 1994, ia mendirikan Inc. Development Corporation yang kemudian diberi nama eShop. Pada saat itu eShop adalah pimpinan teknologi perangkat lunak perdagangan berbasis internet. Pada tahun 1996, perusahaan ini diakuisisi oleh Microsoft.

Ketika Omidyar berusia 28 tahun, selama liburan panjang akhir pekan dia gunakan untuk membuat kode komputer yang akhirnya menjadi Superbrand internet situs lelang eBay. Seperti halnya karir Omidyar dalam dunia programming, eBay pun didirikannya dengan niat untuk membantu teman dekat untuk mendapatkan pembeli untuk produk yang dijualnya. Walaupun awalnya peluncuran situs eBay merupakan uji coba terhadap bisnis yang berbasis internet, hal ini justru menjadi awal keberuntungan bagi Omidyar sehingga situs eBay kini makin populer. Situs ini diluncurkan pada 4 September 1995.

Pada tahun 1996  Jeffrey Skoll bergabung dengan perusahaan eBay. Pada Maret 1998, Meg Whitman masuk diangkat sebagai Presiden dan CEO dan terus menjalankan perusahaan sampai dengan Januari 2008 ketika dia mengumumkan pensiun. Pada bulan September 1998, eBay meluncurkan penawaran saham untuk umum yang sukses membuat Omidyar dan Skoll menjadi milyarder . Pada Juli 2008, 178 juta saham Omidyar's eBay yang bernilai sekitar $ 4450000000.

Omidyar berpikir bahwa pada dasarnya manusia itu baik. Ia percaya bahwa setiap orang memiliki keunggulan yang bisa diberikan kepada orang lain. Selain itu dalam menjalankan bisnis eBay, Omidyar memperlakukan setiap pribadi yang terlibat didalamnya dengan sebaik mungkin. Omidyar memiliki cita-cita agar para penjual dan pembeli yang ada bersama-sama membentuk sebuah dunia perdagangan online yang berkesinambungan, seperti perkembangan eBay sekarang ini.

Pierre Omidyar kemudian mendirikan Omidyar Network yang merupakan sebuah perusahaan investasi filantropi yang didedikasikan untuk memanfaatkan kekuatan pasar untuk menciptakan kesempatan bagi masyarakat untuk memperbaiki kehidupan mereka. Didirikan pada tahun 2004 oleh Omidyar dan istrinya Pam, sampai saat ini, Omidyar Network telah berkomitmen lebih dari $ 270 juta untuk perusahaan dan organisasi nirlaba yang mendorong kemajuan ekonomi dan mendorong partisipasi individu dibeberapa bidang investasi , termasuk keuangan mikro, hak milik, transparansi pemerintah, dan media sosial. Omidyar juga merupakan investor dari Montage Resort & Spa di Laguna Beach, California.

Kekayaan Omidyar diperkirakan mencapai US$ 1,6 miliar berkat lonjakan harga saham eBay yang naik 115% tahun lalu. Penjualan eBay pada tahun 2009 mencapai US$8,7 miliar dengan 84 juta pengguna. Dari kesuksesan eBay inilah yang menjadikan Pierre Omidyar menjadi salah satu orang terkaya di dunia.

PENDIDIKAN
Tufts University

KARIR 
Founder and Chairman, eBay Inc.
Founder and CEO of Honolulu Civil Beat

SOCIAL MEDIA 
www.omidyar.com

Source : Wikipedia, Forbes, dan berbagai sumber

0 comments: