8 Langkah Membangun Sebuah Usaha


Hal paling sulit dalam menjadi wirausaha / entrepreneur adalah memberanikan diri untuk memulainya. Banyak orang takut dan ragu untuk memiliki usaha sendiri, padahal Anda akan memperoleh pengalaman yang berbeda dan lebih menantang jika dibandingkan dengan menjadi pegawai biasa.

Berikut ini 8 langkah memulai dan membangun usaha, dan yang perlu Anda lakukan hanya berani mengambilnya :

1. Menentukan Ide
Anda tidak dapat memulai usaha tanpa sebuah rencana atau ide. Anda harus menemukan satu ide yang merupakan solusi dari sebuah masalah yang dialami banyak orang dan jika anda buat pasti akan laku di pasaran. Cobalah untuk mencari ide mulai dari hal-hal yang Anda suka, seperti membuat kue kering, menjahit, membuat mainan anak, atau apa pun yang menjadi minat dan bakat Anda.

2. Menentukan Ekspektasi
Anda wajib menentukan ekspektasi usaha Anda ke depan, apakah Anda ingin menjadi satu-satunya pemilik usaha ini atau Anda juga akan menerima investasi dari orang lain. Hal ini penting dilakukan karena kedua tipe usaha ini akan mengarah kepada hal yang berbeda dan Anda pun nantinya harus memiliki strategi yang berbeda untuk menjalankan usaha yang Anda miliki.

3. Riset Pasar
Sebelum memulai usaha, Anda wajib melakukan riset untuk mengetahui target pasar Anda, siapa kompetitor Anda, dan lain-lain. Anda perlu memastikan dunia usaha seperti apa yang akan Anda geluti nantinya sehingga Anda siap memasuki kompetisi usaha dengan bekal yang membuat Anda bertahan dan sukses.

4. Rencana Bisnis
Setelah melakukan riset pasar, Anda perlu membuat rencana bisnis. Tentukan model revenue, rencana sales dan marketing dan menganggarkan budget yang cukup untuk bisnis Anda. Anda juga perlu melakukan berbagai eksperimen agar lebih memahami cara kerja rencana bisnis Anda.

5. Membentuk Usaha
Membentuk usaha dapat Anda lakukan setelah Anda yakin ide dan pasar Anda bagus dan realistis. Anda bisa mulai membentuk struktur korporasi, perlindungan properti intelektual, dan lain sebagainya. Anda juga perlu mulai menentukan lokasi di mana Anda akan memulai usaha Anda, dan siapa saja orang-orang yang Anda rekrut untuk membantu Anda.

6. Mengembangkan Produk
Langkah selanjutnya adalah Anda mulai membuat produk atau jasa yang akan Anda tawarkan pada pasar. Mulai dengan produksi barang/ jasa yang bagus dan harga yang bagus pula. Anda perlu membuat strategi harga yang baik sehingga banyak orang akan tertarik dengan produk yang Anda tawarkan.

7. Merekrut Karyawan
Setelah usaha Anda sudah mengalami perkembangan, staffing atau perekrutan karyawan penting Anda lakukan. Anda perlu membuat tim dan menentukan peran dan kewajiban yang akan Anda berikan pada mereka. Yang paling penting, pastikan Anda mempekerjakan orang yang tepat untuk kebutuhan bisnis Anda.

8. Meningkatkan Modal
Jika pada awal Anda memulai usaha tidak menggunakan modal Anda sendiri, kini saatnya Anda mencari investor baru untuk mengembangkan usaha Anda setingkat lebih maju. Pikirkan konsep dan ide yang lebih menggiurkan untuk para investor sehingga banyak pihak akan merasa diuntungkan jika berinvestasi modal mereka bersama Anda.

Source : Forbes

0 comments: